Proses penyerahan secara simbolis dari GAIN kepada Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr. M. Imron (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)
Proses penyerahan secara simbolis dari GAIN kepada Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr. M. Imron (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)

The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) memberikan ribuan masker kepada kader posyandu di Bondowoso. Bantuan masker tersebut disalurkan melalui puskesmas se-Bondowoso, dan secara simbolis diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Mohammad Imron di kantor setempat, Selasa (29/9/2020).

District Coordinator GAIN Bondowoso, Sylviana Andriani mengatakan, pihaknya memberikan bantuan ke Dinkes berupa uang sebesar Rp 10 juta untuk kemudian dibelanjakan untuk pengadaan masker. Menurutnya, pemberian bantuan tersebut dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan petugas kesehatan.

Baca Juga : Kemenkes Beri Jawaban Soal Keberadaan Terawan Agus: Alhamdulillah Bapak Sehat

"Kami koordinasi dengan Dinas Kesehatan, kemudian dibelanjakan buat beli masker untuk petugas kesehatan di semua kecamatan," paparnya.

Menurutnya, hal itu untuk memberikan proteksi kepada petugas kesehatan. Mengingat, meski pandemi Covid-19 petugas tetap beraktivitas yang cukup padat.

"Aktivitas tenaga kesehatan sendiri memang bersinggungan langsung dengan banyak masyarakat," paparnya saat dikonfirmasi usai penyerahan.

Menurutnya, Rp 10 juta itu dibelanjakan masker sebanyak 1.200. Namun dari total kader 5.000 lebih yang ada di 25 puskesmas sekitar 20 persen yang tercover.

"Memang baru sekian persen yang tercover. Namun ini merupakan upaya GAIN, dalam membantu para tenaga kesehatan. Ini sifatnya stimulan," jelasnya.

Baca Juga : Bulan Oktober, Pemkab Malang Optimalkan Pariwisata untuk Dongkrak Pendapatan Daerah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr Mohammad Imron mengapresiasi GAIN karena telah memberikan stimulan dalam membantu protokol Covid-19. Yakni berupa masker. "Terimakasih buat GAIN, yang telah memberikan atensi khusus pada tenaga kesehatan," ucapnya.

Sementara data penyebaran Covid-19 di Bondowoso per 28 September 2020, ada 594 kasus positif. Sembuh 541, meninggal 13 dan 40 masih dirawat. Dari total itu, tak hanya warga biasa yang terpapar tapi juga petugas kesehatan. Oleh karena itu GAIN memberikan bantuan masker.