Mundur Karena Ikut Pilkada, PAW Untuk Yasin Hermanto Diprose DPRD Kota Blitar | Jatim TIMES

Mundur Karena Ikut Pilkada, PAW Untuk Yasin Hermanto Diprose DPRD Kota Blitar

Sep 29, 2020 17:27
Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Yasin Hermanto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar tengah memproses Pergantian Antar Waktu (PAW). Ini dilakukan setelah Wakil Ketua I DPRD Yasin Hermanto mundur dari keanggotaan legislativ untuk mengikuti kontestasi Pilkada Kota Blitar 2020. 

Dikatakan Wakil ketua DPRD II Kota Blitar dari PPP Agus Zunaidi, dengan mundurnya Yasin maka DPRD Kota Blitar akan melaksanakan dua PAW. Pertama PAW anggota DPRD kedua PAW pimpinan DPRD.

Baca Juga : Kemenkes Beri Jawaban Soal Keberadaan Terawan Agus: Alhamdulillah Bapak Sehat

“Pak Yasin ini posisinya kan pimpinan DPRD. Maka dari itu nanti aka nada dua Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPRD Kota Blitar,” terang Agus Zunaidi, Selasa (29/9/2020). 

Mekanisme pemberhentian Yasin Hermanto dari keanggotaan DPRD harus melalui rapat paripurna khusus yang disetujui semua anggota dewan. Sebelumnya, DPRD Kota Blitar telah menggelar paripurna khusus dengan agenda penetapan usulan pemberhentian Yasin Hermanto sebagai wakil ketua dan anggota DPRD Kota Blitar pada  Senin (28/9/2020).Selanjutnya, penetapan pemberhentian tersebut akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur.

“Proses ini butuh cepat, agar tidak terjadi kekosongan jabatan di DPRD. Setelah penetapan usulan pemberhentian saudara Yasin dikirim ke provinsi, kemudian surat dari Gubernur sudah turun maksimal tujuh hari,” jlentrehnya.

Disinggung mengenai siapa yang akan mengantikan Yasin Hermanto sebagai anggota DPRD, Agus menegaskan pengganti adalah caleg dengan suara terbanyak setelah Yasin pada pemilihan calon legislative di dapil Sananwetan. 

Sedangkan terkait pengganti Yasin sebagai pimpinan DPRD, PKB selaku partai politik tempat Yasin bernaung akan mengeluarkan rekomendasi kepada satu orang yang akan mengantikan posisi Yasin sebagai  Wakil Ketua DPRD. 

Baca Juga : 8 Fraksi di DPRD Setujui Raperda Perubahan APBD Kota Kediri Tahun 2020

“Kami berharap surat rekomendasi DPW PKB terkait PAW pimpinan DPRD bisa segera turun. Agar prosesnya nanti bisa bersamaan dengan PAW anggota DPRD,” pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, Yasin Hermanto melepaskan jabatanya sebagai Wakil Ketua DPRD setelah memutuskan maju di Pilkada Kota Blitar. Di Pilkada, Yasin akan mendampingi Henry Pradipta Anwar.  Pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Bitar Henry-Yasin diusung PKB, Golkar, PKS dan Nasdem. Pasangan ini akan head to hear dengan incumbent Santoso-Tjujuk Sunario yang diusung PDIP, Demokrat, PPP, Gerindra dan Hanura.

Sesuai aturan, anggota DPRD yang maju Pilkada memang harus mengundurkan diri 30 hari sebelum pelaksanaan Pilakda serentak, 9 Desember  nanti.

Topik
DPRD Kota Blitar Pilkada Blitar

Berita Lainnya