Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisba Blitar Dorong Bisnis Brand Lokal Menggeliat di Era Covid-19

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

25 - Sep - 2020, 16:27

Placeholder
Webinar dengan tema ‘Bisnis Brand Lokal di Masa Pandemi dari Blitar untuk Indonesia’ sukses digelar Prodi Manajemen Unisba Blitar

Pandemi Covid-19 yang menjangkit saat ini membawa perubahan yang signifikan pada berbagai aspek, termasuk sektor ekonomi dan bisnis. Ya, sektor perekonomian khususnya ekonomi tingkat lokal dituntut untuk berinovasi dan beradaptasi agar tetap bisa berjalan di era covid-19. 

Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar Webinar dengan tema ‘Bisnis Brand Lokal di Masa Pandemi dari Blitar untuk Indonesia’. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 21 September 2020 menghadirkan tiga narasumber. Yakni Daniel Lim (Direktur Graha Bangunan), Akhsin Al Fata (Director Of Business Development Kampung Coklat) dan Neni Utami (Promotor Wardah Kosmetik).

Baca Juga : Lahir Organ Pasca HMPB, Siap Berkontribusi untuk Bangkalan

 

“Webinar series 2 ini mengambil judul Strategi Marketing Brand Lokal di Masa Pandemi dari Blitar untuk Indonesia. Tujuan kita gelar webinar ini adalah ingin memperkaya pengalaman dan pengetahuan bahwasanya brand lokalpun bisa dijadikan produk unggulan di kancah nasional,” ungkap Ketua pelaksana Webinar 2 Hipaprodi Manajemen Unisba Blitar,  Rachma Putri Aurulli Hartanto

Digelarnya webinar ini diharapkan dapat mendorong para pengusaha lokal Blitar dalam inovasi strategi bisnis dan strategi Marketing di masa pandemi. Mengingat covid-19 belum berlalu, strategi marketing perlu adanya revolusi agar para pebisnis bisa tetap menjalankan usahanya. 

“Dengan adanya keadaan pandemi seperti ini menjadi pengalaman baru bagi pebisnis tak terkecuali pebisnis awam. Bisnis tak perlu menunggu keadaan ataupun mencemaskan keadaan. Namun bisnislah yang harus beradaptasi dengan kondisi saat ini,” tukasnya. 

Banyak paparan menarik yang disampaikan narasumber di webinar kali ini. Diantaranya Direktur Graha Bangunan Daniel Lim yang menyampaikan bahwa kalau bisnis tidak memiliki fundamental yang kuat itu pasti akan gagal di tahun ini.

“Kita tidak akan bisa memilih adanya pandemi ini tapi kita bisa menyikapi apakah kita memilih untuk mengeluh atau kita bisa menyikapi dengan sesuatu yang positif dan mencari cara bagaimana kita bisa survive dan bisnis kita tetap eksis walaupun dalam kondisi yang seperti ini,” kata Daniel.  

Lebih dalam Daniel menyampaikan, salah satu cara Graha Bangunan mengatasi penurunan penjualan bahan bangunan adalah dengan memaksimalkan strategi penjualan melalui media sosial. Setelah dicoba ternyata hasil dari penjualan online ini sangat luar biasa. 

“Dan kini bagi orang orang yang ingin belanja bahan bangunan sudah bisa mengaksesnya secara Online. Dan bagaimana pembeli nantinya bisa tertarik dengan itu graha bangunan membuat tampilan tampilan baru agar pembeli nantinya bisa tertarik dengan produk yang kami tawarkan, yaitu contohnya dengan sering menampilkan seperti video, foto, maupun poster yang sekreatif mungkin sehingga pembeli bisa tertarik untuk membelinya secara online,” jlentrehnya. 

Di kesempatan yang sama, Director Of Business Development Kampung Coklat, Akhsin Al Fata menyampaikan di masa pandemi ini Kampung Coklat terus melakukan adaptasi agar aktivitas pariwisata di Kampung Coklat tetap bisa tetap berjalan di tengah pandemi. Salah satu upaya adalah dengan menerapkan skema protokol kesehatan yang ketat. 

“Kami ingin pastikan bahwa Kampung Coklat ini menjadi destinasi yang memang sudah mematuhi protokol kesehatan. Beragam upaya kita lakukan dari mulai kami melatih teman teman karyawan untuk mempersiapkan diri menghadapi new normal ini. Sehingga para calon pengunjung nanti bisa yakin bahwa datang ke kampung coklat ini bisa merasa aman karena sudah mematuhi protokol kesehatan,” terangnya. 

Baca Juga : Sudah Ada Seragam Gratis, Wali Murid di Jombang Malah Dipaksa Beli Seragam

 

Inovasi demi inovasi juga terus dilakukan Kampung Coklat di masa pandemi. Di antaranya dengan membuka wahana-wahana baru dengan tetap mengedepankan wisata edukasi. 

“Kampung Coklat ingin memberikan sesuatu yang baru yang tidak hanya mementingkan pariwisatanya namun juga ingin meng-Experience. Maka Kampung Coklat tetap akan konsisten berada pada genre edukasi. Di situ pun kampung coklat juga menyuguhkan beberapa kebun percontohan seperti adanya kebun kakao, kebun pisang, serta kolam ikan sehingga bisa dijadikan sebagai edukasi saat datang ke Kampung Coklat,” imbuhnya. 

Paparan menarik juga disampaikan Neni Utami selaku Promotor Wardah Kosmetik. Dulu, Wardah selalu menampilkan event-event secara Offline mulai dari seminar, Beauty Class, dan bertatap mula secara langsung, kini seluruh event-event yang ada beralih secara Online.  Di samping itu, wardah pun memulai terobosan baru untuk penjualan produk secara Online.

“Jadi itu semua dapat diperuntukkan untuk teman-teman semua yang tidak mau keluar rumah kini bisa berbelanja produk wardah di situs Online. Karena wardah melihat dari kondisi orang orang yang sekarang aktivitasnya di rumah saja seperti jadi lebih sering menonton TV, bermain gadget, dan bermain laptop,” paparnya. 

Inovasi juga dilakukan Wardah dengan memberikan terobosan kepada konsumen mereka. Di antaranya skincare perawatan kulit kepada konsumen yang Stay at Home. 

“Wardah berinovasi memberikan terobosan skincare untuk merawat kulit selama di rumah saja. Kami memberikan formula-formula yang dapat menangkal sinar-sinar akibat sering terpapar sinar handphone, sinar laptop, maupun sinar lampu. Jadi walaupun di rumah saja wardah bisa memberikan solusi dengan produk lightening series yang terdapat kandungan cinamid agar wajah tetap terlindungi dari terpaparnya sinar-sinar tersebut,” jelas Neni.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya