Bupati Tanggapi Persiapan Latihan Sikatan Daya (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Bupati Tanggapi Persiapan Latihan Sikatan Daya (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Pemkab Lumajang menyatakan kesiapannya untuk mendukung Latihan Sikatan Daya yang akan dilaksanakan di Pandanwangi. Segala keperluan teknis yang dibutuhkan TNI akan dipersiapkan dan disinkronkan dengan konsep Military Tourism

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML ketika menghadiri Pemaparan  Rencana Latihan OPS Sikatan Daya Tahun 2020 di Gedung PKK, Lumajang (24/9/2020)

Baca Juga : Bersahabat dengan Alam, Dispertapa Pemkab Blitar Ajak Petani Praktik Buat Pupuk Organik

“Kami siap menjadi fasilitator dengan menyediakan sarana teknis selama pelaksanaan latihan tempur angkatan udara, sekaligus ide ini sebagai langkah awal sinkronisasi konsep military tourism,” jelasnya.

Cak Thoriq menambahkan nantinya masyarakat akan diajak untuk menyaksikan kekuatan tempur dari TNI mulai dari  F16, Sukhoi dan alat tempur lainnya. Latihan ini juga sebagai sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat tentang  ketahanan dan pertahaan Indonesia.

Harapannya nanti momentum ini bisa terus memperkuat jalinan ikatan antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dan TNI, karena kedepannya latihan tempur di Lumajang akan terus digalakkan setiap tahunnya.

Baca Juga : Pemkab Wajibkan Paslon dan Pendukung Bacabup Jalani Rapid Test

“Embrionya disini, dari kegiatan dan dukungan pemerintah kepada TNI akan terus mempererat keterikatan antar instansi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pertahanan dan rasa cinta tanah air,” tandasnya