Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Sempat tertunda lantaran covid-19, pembangunan megaproyek Malang Creative Center (MCC) kembali dianggarkan untuk 2021. Berbeda dengan pengajuan anggaran sebelumnya, anggaran yang ditetapkan turun menjadi Rp 100 Miliar, dari sebelumnya Rp 125 Miliar.

Meski terdapat pengurangan anggaran, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan jika tidak akan ada pengurangan pada rencana fisik pembangunan megaproyek tersebut. Sehingga bangunan MCC akan tetap dibuat delapan lantai, lengkap dengan berbagai pernak-perniknya.

Baca Juga : Kurang Sedikit, RAPBD Perubahan Trenggalek Sudah Masuki Tahap Penyampaian Komisi

"Saya belum lihat detail, tapi sepertinya pengurangan itu lantaran pada perlengkapan meubeler di dalamnya, yang nantinya akan diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawab Timur," terangnya, Selasa (22/9/2020).

Sutiaji menjelaskan, pembangunan MCC akan digarap pada 2021 lantaran dinilai sangat pemting untuk mendukung perekonomian masyarakat, terutama untuk ekonomi kreatif. Pasalnya, saat ini pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang terus menunjukkan geliat yang positif. "Dan selama pandemi ini justeru ekonomi kreatif yang mampu bertahan dengan baik," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso menegaskan, tidak ada perubahan apada Detail Engineering Desaign (DED) pada MCC meski anggaran dikurangi. "Tahun depan dibangun, tidak akan mengurangi mutu ataupun luasan," tegasnya.

Pria berkacamata itu menyampaikan, pembangunan MCC akan menggunakan sistem multi years. Sehingga pembangunan akan dilakukan selama 14 bulan. Nantinya, pihak pemenang tender atau kontraktor wajib menyelesaikan proses pembangunan dalam satu kali kontrak. 

Baca Juga : Kejar Waktu, Badan Anggaran DPRD Trenggalek Beri PR ke TAPD

"Hanya saja pembayarannya memang dilakukan dua kali, 2021 kami anggarkan Rp 25 Miliar dan tahun berikutnya Rp 75 Miliar. Tapi masa bangunan harus selesai dalam satu kali kontrak tersebut," tegasnya.

Sony memprediksi, pembangunan MCC akan dimulai pada sekitar Bulan Maret atau April 2021. Sehingga proses pembangunan akan selesai pada sekitar Juni 2022. Saat itu, bangunan sudah dapat dimanfaatkan sepenuhnya sebagaimana yang direncanakan. "Kami akan paparkan ke legislatif," terangnya lagi.