Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat paparan mengenai penyerahan PSU perumahan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat paparan mengenai penyerahan PSU perumahan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, saat ini terus mendorong percepatan dalam penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) dari pihak pengembang perumahan. Saat ini, DPUPRPKP Kota Malang tengah menginventarisasi 11 perumahan yang siap untuk melakukan penyerahan PSU.

"11 perumahan tersebut memang sudah kami verifikasi tinggal melengkapi berita acara serah terima PSU dan kami yang akan bantu proses ke Badan Pertanahan Nasional (BPN)," ungkap Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso.

Baca Juga : Kurang Sedikit, RAPBD Perubahan Trenggalek Sudah Masuki Tahap Penyampaian Komisi

Dari 11 perumahan tersebut, delapan perumahan diserahkan oleh pengembangnya dan tiga perumahan diserahkan oleh pihak warga lantaran ditinggal pengembang ataupun pengembangan yang enggan dan tak kunjung menyerahkan PSU-nya.

11 perumahan tersebut, yakni Graha Swarna Residance, Puri Cempaka Putih 1, Sawojajar Permai, Griya Shanta Eksekutif, Taman Tectona Residance, Royal Janti Residance, Sulfat Rivera Residance, Green Golf Tasikmadu, diserahkan oleh pengembang dan tiga perumahan yakni Bumi Meranti Wangi, Bumi Sulfat Residance dan De Salvia diserahkan oleh warga.

"Kami dorong untuk percepat lagi penyerahan PSU nya. Selama ini kami sudah komunikasi untuk bisa dipercepat. Hal-hal yang sifatnya administratif yang sejauh itu bisa dibantu Pemkot dan memenuhi kaidah hukum kita penuhi itu," jelasnya.

Disampaikan Hadi Santoso, jika selain terdapat 11 perumahan yang terinventariasi segera menyerahkan PSU, sebelumnya juga terdapat 10 perumahan yang sebelumnya terlah menyerahkan PSU dan Fasum telah mengantongi sertifikat.

Perumahan tersebut, di antara Green Diamond Residance, Dieng Inside, Joyo Agung White House 1, Nurul Muttaqin, Grand Samawa, Grand Pesona,  The Palm Residance.

Baca Juga : Dorong Percepatan Penyerahan PSU, DPUPRPKP Kumpulkan Developer dan Warga

"Tapi ada 47 dari ratusan perumahan juga yang saat ini sudah kita ajak komunikasi secara bertahap melakukan pendataan untuk percepatan penyerahan PSU. Kami akan genjot sampai akhir tahun ini," ungkapnya.

Terahkir Soni, sapaan akrab Kepala DPUPRPKP tersebut berpesan kepada developer yang belum menyerahkan PSU, agar segera menyerahkan PSU. Sebab, saat ketika PSU tak diserahkan, tentunya hal itu akan membebani warga. "Ada keluhan kami jadi tidak bisa melayani, kami inginnya melayani PSU keseluruhan. Tapi kan nggak bisa kalau belum asetnya Pemkot. Segeralah serahkan," pungkasnya.