Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Buat Tandon Air Terpal Agar Tak Kehabisan

Penulis : Satria Romadhoni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Sep - 2020, 14:42

Placeholder
warga dengan wajah ceria langsung berbondong-bondong datang dengan membawa ember

Dampak musim kemarau makin dirasakan warga Kabupaten Ngawi, utamanya bagi warga yang bermukim di wilayah lahan tandus. Seperti yang dialami warga Dusun Tawun Empat Nggarutan Desa Tawun Kecamatan Kasreman.

Untuk mendapatkan air bersih layak konsumsi, para warga hanya bisa pasrah menunggu bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi.

Baca Juga : Bantuan Sumur Bor Bermasalah, Satu Dusun di Jombang Kesulitan Air Saat Kemarau

Tak mengherankan jika suplai air bersih dari BPBD datang, warga dengan wajah ceria langsung berbondong-bondong datang dengan membawa ember, jerigen atau bahkan galon kosong sebagai wadah air. Bahkan agar suplai air tetap terjaga tidak kehabisan, warga membuat tandon air dari plastik terpal yang dibuat layaknya kolam.

"Kami buat wadah air dari terpal agar bisa tampung air lebih banyak" jelas Prawoto, warga setempat.

Umumnya para warga menggunakan air bersih bantuan dari BPBD Ngawi hanya untuk kebutuhan dapur, seperti memasak dan air minum. Sedangkan untuk kebutuhan mencuci dan mandi, warga rela berjalan jauh sekitar dua kilometer mengambil air dari sumber air Teleng Keduk Beji.

"Kalau ndak cari air bisa ndak kita," ungkap Ningwati, warga.

Sementara, mengatasi bencana kekeringan BPBD Kabupaten Ngawi memastikan akan melakukan suplai air bersih bagi warga berdampak 

Setidaknya 15 armada mobil tangki air bersih  kapasitas tujuh ribu liter kini telah disiapkan untuk suplai air kepada warga berdampak kekeringan.

Baca Juga : Takut Penunggu Sungai Song Menganggu, Warga Tolak Syuting Konten "Pemburu Hantu"

Pada tahun ini bencana kekeringan diperkirakan akan mengancam sembilan kecamatan di Kabupaten Ngawi, Di antaranya Kecamatan Mantingan, Karang Anyar, Widodaren, Kedunggalar, Pitu, Ngawi, Bringin, Kasreman dan Kecamatan Sine.

"Upaya penanggulangan bencana kekeringan telah disiapkan, salah satunya dengan menyiapkan armada mobil tangki suplai air bersih" tegas Teguh Puryadi, Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD Ngawi.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Satria Romadhoni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni