Inilah Pantai Laskar Pelangi yang digagas menjadi obyek wisata (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Inilah Pantai Laskar Pelangi yang digagas menjadi obyek wisata (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

M. Ali Ridho, warga desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Lumajang, selama lebih dari sebulan terakhir lebih banyak menghabiskan waktunya di pantai Meleman, untuk merawat pantai, guna dikelola menjadi obyek wisata dengan nama Pantai Laskar Pelangi.

Ketika media ini datang ke Pantai Laskar Pelangi, penataaan masih terus dilakukan. Mulai dari membersihkan hutan cemara, mempersiapkan sebuah kolam, membersihkan cerug pantai agar bisa digunakan untuk ativitas wisata, sampai mempersiapkan tempat duduk bagi wisatawan, walaupun hanya terbuat dari bambu.

Baca Juga : Jorong Mawar 1, Destinasi Wisata Arung Jeram yang Tersembunyi

"Ini masih butuh proses lama. Tapi kami bersama tim Laskar Pelangi akan berusaha menjadikan kawasan ini nyaman untuk wisatawan," kata M. Ali Ridho, salah seorang pengagas wisata pantai Laskar Pelangi.

Yang menarik dari panti Laskar Pelangi, adanya cerug air yang merupakan pertemuan pantai dan muara sungai, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas wisatawan, seperti mandi, layanan armada perahu dan layanan lainnya.

"Cerug ini aman, karena tidak ada ombak disini. Ombak hanya sampai selatan itu dan dibatasi oleh gundukan pasir yang tinggi. Jadi disini aman. Nanti bisa kita buat untuk lintasan perahu, atau mandi, dan sangat aman bagi anak-anak karena tidak langsung terhubung dengan pantai, tapi nuansanya pantai juga," kata M. Ali Ridho.

Ali Ridho memahami untuk memajukan pantai ini sebagai kawasan wisata memang butuh waktu lama untuk menjadikan pantai tersebut ideal.

"Yang terpenting dengan adanya wisata ini kami bisa lestarikan lingkungan, khususnya pantai dan kalau wisatanya maju, akan semakin banyak masyarakat yang diuntungkan. Misalnya dengan berjualan atau menyediakan sarana lain untuk wisatawan. Ya, yang penting bisa mendatangkan keuntungan bagi warga disini," kata Ali Ridho.

Terkait jaraknya yang berdekatan dengan pantai Wotgalih, menurut Ali Ridho, kedepan diharapkan bisa saling support sehingga bisa saling membantu untuk memajukan kawasan ini.

Baca Juga : Wisata di Kota Malang Kembali Tunjukkan Tren Positif

"Kami satu desa, InsyaAllah kami akn saling support untuk kemajuan bersama," ujar Ali kemudian.

Kini, walau masih dalam tahap rintisan, namun wisata pantai Laskar Pelangi sudah mulai dikunjungi wisatawan.

"Sudah banyak yang datang kesini, karena memang ada yang ingin tahun tempat wisata baru ini," kata Ali Ridho kemudian.