Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan sambutannya ketika membahas MoU dengan Kabupaten Badung, Provinsi Bali. (Foto : Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi saat memberikan sambutannya ketika membahas MoU dengan Kabupaten Badung, Provinsi Bali. (Foto : Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang membuka opsi paket wisata nasional. Berdasarkan pernyataannya, Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan para wisatawan bisa menikmati liburan ke Bali dari paket wisata yang disediakan pihak Kabupaten Malang.

”Karena kami (Pemkab Malang) sudah MoU (memorandum of understanding), sudah ada kesepakatan antara bupati Malang di zamannya Pak Rendra (Rendra Kresna, bupati sebelum Sanusi, red) dengan bupati Badung, Bali,” ungkap Sanusi sesaat setelah menghadiri agenda uji publik penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Malang, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga : Jorong Mawar 1, Destinasi Wisata Arung Jeram yang Tersembunyi

Dalam agenda yang dilangsungkan di Pendopo Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut, Sanusi menjelaskan bahwa paket liburan yang disediakan dari hasil MoU itu terdiri dari tiga kategori. Pertama adalah paket liburan selama 8 hari. Rinciannya!  pada 3 hari pertama, para wisatawan akan dimanjakan dengan objek wisata yang ada di Kabupaten Malang. Sedangkan 5 hari lainnya, para wisatawan akan menikmati keindahan pesona wisata di Bali.

Sedangkan paket 2 adalah liburan selama 10 hari. Untuk paket ini, wisatawan akan berlibur selama 5 hari di Kabupaten Malang. Kemudian 5 hari berikutnya akan terbang ke Bali untuk berlibur di sana.

Terakhir, paket 12 harii. Yakni 5 hari pertama para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan objek wisata alam di Kabupaten Malang, sebelum akhirnya 7 hari berikutnya berlibur ke Bali.

”Kesamaannya, di sana (Kabupaten Badung) banyak wisata pantai. Sedangkan di sini kan yang terkenal adalah Bromo. Selain Bromo, Kabupaten Malang juga banyak wisata alam dan ini akan menarik bagi wisatawan asing,” ucap Sanusi saat menjawab alasan memilih menjalin kerja sama dengan Pemkab Badung.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Malang ini berjanji, kesepakatan paket wisata itu bakal bisa segera dinikmati oleh para wisatawan setelah Bandara Abdulrachman Saleh naik status jadi bandara internasional.

Baca Juga : Wisata di Kota Malang Kembali Tunjukkan Tren Positif

”Paket wisata itu setelah Bandara Abdulrachman Saleh jadi internasional. Akan ada penawaran paket pariwisata Malang-Bali. Dengan adanya program ini, harapannya bisa mendongkrak kunjungan pariwisata di Kabupaten Malang,” ucap Sanusi.