Par pendekar mendengarkan wejangan dari para sesepuh Pendekar PSNU Pagar Nusa DiTuban
Par pendekar mendengarkan wejangan dari para sesepuh Pendekar PSNU Pagar Nusa DiTuban

TUBANTIMES - Bulan Syuro atau Muharam menjadi momen penting para pendekar untuk melakukan ritual organisasi. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Singgahan Tuban.

Sebanyak 99 santri baru pendekar dikukuhkan. Dalam pengukuhan ini, para pendekar ini juga diberi amalan ijazah di masjid Al-Fattah dusun Trembul Mulyorejo-Singgahan Tuban Rabu malam (16/9/2020). "Pengukuhan ini menjadi agenda rutin setiap tahun," ujar Karim Panitia Pengukuhan Pendekar PAC Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Singgahan Tuban.

Baca Juga : Bupati Lumajang Minta Warga Tengger Tetap Jaga Warisan Budaya dan Adat

Untuk tahun ini, kata Karim ada yang beda. Hal itu dikarenakan di masa pandemi maka pesertanya dikurangi setengah dari yang seharusnya. Selain itu, setiap peserta juga diwajibkan memakai Masker dan cuci tangan sebelum masuk area pengukuhan. “Saat pelaksanaan pengukuhan para pendekar juga wajib jaga jarak,” tandasnya.

Selain tasyakuran dan pengukuhan warga tetap juga ada pemberian ijazah amalan-amalan dari para sesepuh PSNU Pagar Nusa di Singgahan yang telah dibukukan. "Untuk ijazah ini, kurang dari 100 orang yang menerima amalan-amalan ini, dan pemberian ijazah ini ke depan secara rutin akan dilaksanakan," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Karim juga meminta kepada semua pendekar Pagar Nusa, baik yang baru dikukuhkan maupun yang sudah lama, untuk senantiasa menjaga etika dan moral. “Para pendekar juga harus selalu menjaga akidah ahlusunnah wal jamaah, dan membentengi para kiai,” kata dia.

Baca Juga : Luruskan Sejarah Jamasan Pusaka Kiai Upas, Sentono Dalem Majan Berikan 3 Saran ke Bupati

Selain itu, yang tidak kalah penting pada pendekar yang sudah dikukuhkan harus mampu menjaga etika, menjaga ketertiban, dan membentengi para kiai. “Tidak boleh sok jagoan, dan harus selalu jaga nama baik Pagar Nusa dan NU. Semoga warga Pagar Nusa bisa memberi manfaat para bangsa dan Negara,” tegas dia.