Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman (Istimewa).
Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman (Istimewa).

DPRD Kota Malang mengusulkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Malang membuat maket miniatur kota. Maket itu pun diharapkan bisa menjadi salah satu jujukan bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin mengetahui lebih detail pembangunan dan masa depan Kota Malang.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman menyampaikan, usulan untuk membuat maket miniatur kota Itu telah dia sampaikan kepada Bappeda Kota Malang. Namun belum direalisasikan lantaran keterbatasan tempat untuk meletakkan maket itu sendiri. "Tahun lalu sempat mau dianggarkan, tapi terbatas ruangannya," kata Fuad.

Baca Juga : BNN Kabupaten Malang Canangkan Zona Integritas

Fuad mengusulkan agar maket miniatur Kota Malang dapat digarap tahun depan. Sebab, maket terebut tidak hanya akan menarik wisatawan, melainkan juga berisi informasi mengenai pembangunan di Kota Malang. Termasuk pula rencana pembangunan yang akan dilakukan beberapa tahun ke depan. "Karena menyimpan informasi cita-cita Kota Malang di masa mendatang seperti apa," terangnya.

Menurut Fuad, maket miniatur Kota Malang itu dapat diletakkan di Malang Creative Center (MCC) saat selesai dibangun. Maket berukuran besar tersebut dapat diletakkan di lantai pertama untuk memberikan informasi kepada masyarakat hingga tamu kedinasan. Pasalnya, pada 2021 mendatang MCC akan dibangun dan diselesaikan.

"Kalau anggaran yang dibutuhkan di kisaran angka Rp 1 miliar. Lumayan besar karena memang maketnya besar dan menyerupai bentuk asli Kota Malang," terangnya.

Fuad menyampaikan, keberadaan miniatur Kota Malang Itu penting dimiliki. Pasalnya, perencanaan dan konsep pembangunan yang dibuat dilaporkan untuk bisa dipahami oleh seluruh elemen masyarakat.

Menurut Fuad,  beberapa kota besar telah memiliki miniatur kota yang berbentuk maket tersebut. "Kota-kota besar sudah memiliki Itu," jelasnya.

Baca Juga : Dewan Tuding Mutasi Pegawai Pemkab Bangkalan tidak sesuai Regulasi

Sementara itu, usulan perencanaan pembuatan maket miniatur Kota Malang itu terpantau belum dimasukkan dalam rencana kerja 2021. Sehingga belum dipastikan usulan pembuatan maket tersebut dapat terealisasi tahun depan.