Suzuki Katana 150 (Foto:  Head Topics)
Suzuki Katana 150 (Foto: Head Topics)

Suzuki dikabarkan akan segera mengembangkan motor sport terbarunya, yakni Katana 150. Melansir melalui Greatbiker, Katana 150 merupakan versi mungil dari Suzuki Katana 1000cc.  

Yang lebih menarik, motor ini kabarnya akan diproduksi di Indonesia dan berstatus sebagai produk global.  

Baca Juga : Tata Harrier XT+, Pesaing Fortuner dan Pajero Hadir dengan Panoramic Sunroof

Berbicara soal penampilan, tentunya Katana 150 akan berbeda dari versi mogenya. Motor ini nantinya akan menampilkan desain wedge modern unik dan masuk sebagai model naked bike.  

Hal ini dikarenakan sepeda motor yang menggunakan fairing buntung atau half fairing.

Sebelumnya, Executive General Manager Suzuki Motor Corporation Jepang, Masahiro Nishikawa dan President Suzuki Indomobile Indonesia Seiichi Itayama sudah mendiskusikan mengenai kehadiran motor ini.  

Menurut mereka, Katana 150 ini bukan menggunakan mesin 125cc. Melainkan menggunakan mesin 150 cc dan sudah berbasis dari keluarga GSX Series.  

Dengan menggunakan mesin GSX, motor ini akan menggendong mesin 147cc, 1-piston DOHC, 4-tak dengan sistem injeksi yang menawarkan tenaga hingga 18,5 Hp dan tprsi 14 Nm.  

Mesin tersebut akan digerakkan oleh transmisi 6 kecepatan melalui sistem rantai dengan roda belakang. Sayangnya masih belum diketahui berapa harga jual dari Katana 150 ini.  

Kendati demikian, jika memang Katana 150 memakai mesin dari GSX R-150 bisa diperkirakan akan mencapai harga sekitar Rp 30 jutaan.

Sementara jika berbicara tentang desain, motor ini diusung memiliki kesan berbeda dari motor-motor sebelumnya.  

Baca Juga : Toyota All New GR Yaris Segera Meluncur dengan Desain Sporty & Nyaman, Berapa Harganya?

Tentunya tetap memiliki ciri khas dengan tampilan sporty. Katana 150 ini akan tampil dengan desain yang berani, gagah dan pastinya modern.  

Lalu untuk fitur keamanan, Katana 150 dirancang secara khusus dengan bermodalkan kecepatan tinggi. Selain itu, Katana 150 ini dibekali dengan sistem rem yang canggih.  

Menggunakan sistem pengereman yang terinspirasi dari teknologi pesawat terbang yang serupa yakni sistem rem ABS (anti lock braking system).

Meski digunakan saat kecepatan penuh dan dilakukan pengereman mendadak, maka roda Katana 150 ini tidak khawatir akan terjadi penguncian.  

Diperkirakan jika motor Suzuki Katana 150 ini akan dirilis pada akhir tahun 2020.