Panji Petualang (Foto:   Hops.ID)
Panji Petualang (Foto: Hops.ID)

Siapa sih yang tak mengetahui sosok Muhammad Panji atau yang dikenal sebagai Panji Petualang? Panji dikenal sebagai seorang aktor, pembawa acara hingga konten kreator.  

Diketahui, Panji memiliki keahlian dalam manaklukkan hewan yang cukup berbahaya yakni ular.  

Baca Juga : Siapa Natya Shina? Berani Sindir Jennie BLACKPINK Pemalas hingga Jadi Trending

 

Namanya sempat heboh saat Panji dikabarkan meninggal dunia dimakan komodo. Namun, siapa sangka di balik keahlian Panji menaklukkan ular ada sosok guru yang memberikan keahlian tersebut.  

Sosok guru Panji diperkenalkannya melalui sebuah video yang diunggah di akun YouTube Panji Petualang Senin (7/9/2020).  

Dalam keterangannya, Panji menyebutkan jika gurunya itu merupakan salah satu ahli ular pertama di Indonesia.

"Guru yang merupakan salah satu ahli ular pertama di indonesia datang ke black house bersama Sang master King cobra. MEREKA ADALAH Heru Gundul dan Indra Cobra.  

Sejak tahun 80an sepak terjang om heru dalam meneliti dan berinteraksi dengan ular membuatnya menjadi salah satu master dan legenda yang masih ada hingga kini.. Beliaulah yang membuat saya si bocah ular akhirnya punya tujuan dan cita2. ya beliau lah guru dan orang yang membuat saya bisa jadi seperti saat ini," tulis Panji.

Di video tersebut Panji menyelipkan video-videonya terdahulu saat ia pertama kali menyentuh ular.

Lalu dijelaskan siapa sih sosok Heru Gundul itu? Heru Gundul sendiri dikenal sebagai host atau pembawa acara petualangan.  

Selain dikenal sebagai host, Heru Gundul merupakan ahli ular.  

"Ahli pegang ular pakai tangan kosong, ahli ular dalam hal data ilmiah serta literatur seputar herpetologinya dan tentu beliau manusia yang kuat meski digigit ular berbisa," ujar narasi yang disampaikan di video itu.  

Diceritakan awal kesukaan Heru dengan ular diawali saat ia masih aktif di pramuka sekitar tahun 1986.

Prihatin dengan kondisi ular, Heru lantas mendirikan NATRIX yakni Lembaga Studi Ular Indonesia lalu dikembangkan menjadi Sioux Yayasan Ular Indonesia di Yogyakarta yang merupakan lembaga studi ular pertama kali di Indonesia.  

Selanjutnya ada Indra Cobra yang merupakan sosok misterius. Lantaran ia dikenal sebagai pria pendiam.

"Tapi pas dia lagi jail dan usilnya itu udah datang kelakuannya bisa bahaya kan," bunyi narasi di video itu.  

Baca Juga : Siapa Natya Shina? Berani Sindir Jenni BLACKPINK Pemalas hingga Jadi Trending

 

Ia gemar mengendarai motor vespa, selain itu keahliannya dalam menghandel king kobra tentunya tak perlu diragukan lagi, bahkan bisa dibilang sebagai legenda.  

Indra sendiri adalah pendiri dari Indonesia Cobra Show yang merupakan wadah orang-orang yang memiliki skil dan anugerah yang bisa menjinakkan ular.

Siapa sangka, sosok Indra Cobra ini ternyata dibesarkan dari keluarga pawang ular. Sejak kecil hidup dengan ular dan atraksi ular, Indra akhirnya terlatih dengan baik lantaran sang ayah merupakan pawang ular profesional yang hebat.

Di mana sang ayah merupakan orang yang pernah tidur dengan ribuan ular berbisa dalam waktu yang lama. Selain itu sang ayah berhasil membawa atraksi ular hingga ke kancah luar negeri.  

INILAH SOSOK GURU PANJI SI MANUSIA ULAR !

Di video itu juga diperlihatkan kondisi rumah lawas Panji yang kini tidak terawat karena sudah tidak ditinggali.  

Di rumah itulah, masa kecil Panji mulai bermain dengan ular. Kala itu, Heru datang ke rumah Panji saat membawakan program acara Petualangan Liar di tahun 2003. Saat itu, Panji masih berusia 13 tahun.  

Dalam video masa kecil Panji itu diperlihat jika ia sudah begitu piawai dalam memegang seekor ular. Banyak ular-ular yang tampak tergeletak di pelataran rumah Panji.

Saat itu Panji dan tim Petualangan Liar mencari ular di Kecamatan Pringkasat, Kabupaten Subang.

Percaya atau tidak, saat kecil Panji mampu mencium keberadaan ular-ular di sekitarnya. Diketahui, Panji dan Heru ternyata bisa mengendalikan ular dan agar orang tidak meninggal jika digigit ular.  

Sayangnya, keduanya tidak ingin banyak orang tahu terkait hal ini. Kini berkat ke-dua gurunya itu, Panji menjadi orang yang sukses dalam ahli ular dan bidang lainnya.