Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat melepas armada pengangkut bantuan air bersih
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat melepas armada pengangkut bantuan air bersih

Pemerintah Kabupaten Pamekasan mulai menyalurkan bantuan air bersih di sejumlah desa yang tersebar di 13 Kecamatan di Pamekasan yang alami kekeringan, Senin (07/09/2020).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan saat ini jumlah desa yang alami kekeringan sebanyak 311 dusun di 77 desa di Pamekasan. "Dari 83 desa yang alami kekeringan kemarin sekarang jadi 77. Berharap ke depan terus berkurang dan kebutuhan air bersih di seluruh kampung-kampung bisa terpenuhi dengan baik. Ini kita sedang diskusikan kita akan memperbaiki kinerja PDAM," katanya.

Baca Juga : Momentum Tahun Baru Islam, Bupati Sanusi Bagi Bantuan ke Yatim Piatu dan Duafa

Namun menurutnya, krisis air tersebut sudah bisa teratasi dan mulai berkurang sejak adanya program pengeboran air. Ada 12 desa yang dapat bantuan pengeboran air. "Artinya di 2019 beberapa pengeboran yang sudah dilakukan itu sudah bisa menghasilkan sumber daya air yang bisa di distribusikan ke rumah-rumah," tambahnya.

Sementara, Akmalul Firdaus, selaku ketua BPBD Kabupaten Pamekasan menyampaikan bahwa penyaluran air bersih ini akan dilaksanakan tiga bulan kedepan. "Penyaluran air bersih ke desa yang alami kekeringan akan berlangsung hari ini sampai Oktober. Ada 11 Armada yang siap mengantarkan air ke desa-desa," jelas Firdaus.

Pemkab Pamekasan melalui BPBD Pamekasan menyatakan bahwa penyaluran air bersih ini akan dilakukan perpanjangan jika kekeringan melebihi batas waktu yang ditentukan.