Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Henry-Yasin Didoakan KH Marzuki Mustamar, Ini Pesan yang Disampaikan oleh Ketua PWNU Jatim

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

05 - Sep - 2020, 15:15

Placeholder
Henry-Yasin bersama KH Marzuki Mustamar dan KH Ali Zen.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pasangan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto resmi mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon wali kota-wakil wali kota Blitar di Komisi Pemilihan Umum. Pasangan dengan jargon Gaspol Menang, resmi mendaftarkan diri pada Sabtu (5/9/2020). 

Pantauan BLITARTIMES, Henry-Yasin tiba di kantor KPU Kota Blitar sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka datang didampingi petinggi partai politik dari partai koalisi. Selain dari partai parlemen, pasangan dengan jargon Gaspol juga didampingi petinggi dari parpol non parlemen. Diantaranya Nasdem, PAN, Partai Berkarya dan PKPI. Tidak banyak massa dan simpatisan yang mengantar pasangan ini ke KPU. Ya, Henry-Yasin ingin pendaftaran ke KPU dilaksanakan secara protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Baca Juga : Pasangan Dhito-Dewi Sapu Bersih Dukungan Parpol Pemilik Kursi Parlemen

Sebelumnya pasangan Henry-Yasin mengawali pendaftaran dengan ziarah ke makam KH Abu Hasan, ulama besar Kota Blitar yang dikebumikan di makam keluarga di kawasan Dimoro Kota Blitar. Ziarah tersebut dilaksanakan bersama-sama dengan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar yang secara langsung memimpin doa. Selain doa ziarah, dalam kesempatan ini KH Marzuki Mustamar juga mendoakan Henry-Yasin bisa sukses dan memenangkan Pilkada Kota Blitar 2020. 

Yasin Hermanto mengungkapkan, KH Abu Hasan merupakan ulama Kota Blitar yang masih keturunan Pangeran Diponegoro. KH Abu Hasan punya peran penting dalam penyebaran agama Islam di Kota Blitar. Kiprah menyebarkan agama Islam dilanjutkan oleh para keturunan KH Abu Hasan. Diantaranya keturunan KH Abu Hasan mendirikan Pondok Pesantren Bustanul Mutaalimat di lingkungan Dawuhan, Kota Blitar. Keturunan KH Abu Hasan juga banyak yang akhirnya menjadi alim ulama, salah satunya KH Marzuki Mustamar yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWNU Jawa Timur. 

“Secara ritual keagamaan, karena kita punya hajat yang besar, kita awali hari ini dengan ziarah ke Makam KH Abu Hasan.  Doa dipimpin langsung oleh KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim,” ungkap Yasin kepada BLITARTIMES.

Ditemui usai ziarah dan doa,  KH Marzuki Mustamar mengungkapkan, ziarah ke makam KH Abu Hasan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakanya. “Pada hari ini saya melaksanakan ziarah dengan Mas Henry Pradipta Anwar dan Pak Yasin Hermanto yang mencalonkan diri sebagai wali kota-wakil wali kota Blitar. Ziarah ke sini saya sudah biasa, karena beliau ini adalah mbah canggah saya,” jelasnya.

Setelah mendoakan Henry-Yasin sukses di pilkada, dalam kesempatan ini KH Marzuki yang telah memberikan restu berpesan kepada Henry-Yasin untuk guyub rukun menjaga Kota Blitar dengan gotong royong. Serta mewaspadai radikalisme dan gerakan-gerakan yang dapat mengancam keamanan negara. “Lalu ciptakan keadilan sebisa-bisanya. Mohon orang-orang miskin jangan sampai terlantar di Kota Blitar. Insya Alah kalau itu diperhatikan dan semua dirawat semua jadi barokah,” tegasnya. 

Apabila nanti terpilih sebagai wali kota-wakil wali kota Blitar, KH Marzuki ingin agar Henry-Yasin tidak melupakan haul ulama, haul Kiai dan haul Bung Karno. “Ini titipan saya, haul Kiai di Masjid Jami resmi gawenya Kota Blitar. Ini jangan dilepas, harus resmi gawenya Pemkot Blitar dan takmir. Menghauli yang sepuh, biar barokah, tidak bisa nglalekne wong tuwo,” tandasnya.

Baca Juga : Pertimbangkan Saran Kiai, Ladub Bakal Pilih Hari Jumat untuk Daftar ke KPU Bersama Hanura

Mendapatkan resmi dari KH Marzuki Mustamar selaku kiai sepuh, Henry Pradipta Anwar menegaskan semakin bersemangat mengarungi tahapan pilkada Kota Blitar. Dirinya juga berjanji akan menjalankan pesan-pesan dari KH Marzuki. 

“Restu dari beliau (KH Marzuki Mustamar) ini sebenarnya sudah kami terima sejak bulan Maret. Saya sowan ke beliau dan Alhamdulilah sudah memberi restu. Dan kemarin kita di Surabaya menerima rekomendasi dari PKB juga dibaiat oleh beliaunya juga. Ini tadi Alhamdulilah suatu kehormatan bagi kami bisa didoakan oleh Kiai Marzuki. Insya Alah nanti pesan-pesan dari beliau akan kami jalankan untuk Kota Blitar yang nasionalis-religius,” tegas putra sulung mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar. 

Sementara itu Yasin Hermanto, merasa sangat terharu didoakan oleh KH Marzuki Mustamar jelang pendaftaran ke kantor KPU Kota Blitar. Nampak, setelah doa bersama dan ziarah ini Yasin bahkan menitikkan air mata. 

“Semoga saya dan mas Henry bisa berhasil, bisa sukses di Pilkada Kota Blitar. Kami bisa menjadi pemimpin yang amanah. Sebagai anak cucu dari Nahdlatul Ulama kami akan melanjutkan perjuangan dari alim ulama,” pungkasnya.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana