Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Nama Wali Kota Kediri Dicatut Oknum Tak Bertanggung Jawab

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Sep - 2020, 16:55

Placeholder
Screenshot IG Walikota Kediri @abdullah_abe.

Nama Wali Kota Kediri dicatut oknum yang tidak bertanggung jawab untuk permintaan sumbangan dan hadiah, masyarakat diminta waspada.

Sejumlah warga dan tokoh agama pondok pesantren di Kota Kediri mengaku mendapatkan pesan WhatsApp yang berisi permintaan sumbangan (donasi) dan hadiah yang mengatasnamakan pribadi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Baca Juga : Kiwil Ditangkap Polres Trenggalek karena Perkara Narkotika

Intinya nomor tersebut meminta sejumlah uang untuk ditransfer dan menghubungi nomor tertentu untuk konfirmasi hadiah.

"Dengan ini saya tegaskan itu tidak benar. Saya maupun seluruh jajaran Pemerintah Kota Kediri tidak sedang mengadakan kegiatan tersebut," tegas Abdullah Abu Bakar, Rabu (2/9).

Wali kota yang biasa disapa Mas Abu ini menambahkan, jika warga Kota Kediri ingin membantu atau memberikan donasi terkait Covid-19 bisa menghubungi platform Si Jamal, kumpulan lembaga amal dan Amil Zakat yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri.

"Dengan Si Jamal, justru donasi bisa tersalurkan dengan transparan dan tepat sasaran. Bukan melalui saya secara pribadi," tambah Mas Abu.

Mas Abu berharap warga Kota Kediri tidak mudah percaya jika ada pesan WA, telepon ataupun SMS yang mengatasnamakan Wali Kota Kediri, keluarga ataupun pejabat Pemkot Kediri untuk meminta sejumlah dana, dipastikan itu oknum penipu.

Baca Juga : Segini Harga Pil Koplo Dalam Lapas yang Dikemas dengan Buah Salak

"Warga Kota Kediri saya rasa sudah cerdas untuk membedakan mana pesan penipuan dan mana pesan yang benar. Sebagai wali kota saya akan memakai saluran resmi baik melalui media sosial pribadi ataupun media sosial yang dikelola Pemkot Kediri untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat," jelasnya.

Secara pribadi, Mas Abu berterimakasih banyak pada warga yang pro aktif untuk melaporkan kejadian ini, sehingga tidak menimbulkan korban kerugian materiil bagi pihak yang bisa dikecoh oleh kalangan penipu ini.


Topik

Hukum dan Kriminalitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

Sri Kurnia Mahiruni