01/02/2023 Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian Disurvei Dishub Jatim, Akankah Diaktifkan Lagi ? | Jatim TIMES

Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian Disurvei Dishub Jatim, Akankah Diaktifkan Lagi ?

Aug 28, 2020 19:01
Survei yang dilakukan oleh PT. KAI, PT. Inka dan Dishub Jatim (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Survei yang dilakukan oleh PT. KAI, PT. Inka dan Dishub Jatim (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pewarta: Moch. R. Abdul Fatah | Editor: A Yahya

Beberapa hari lalu, Dinas Perhubungan Jawa Timur, Balai Teknik Perkeretapian Kementerian Perhubungan. PT. KAI Jember dan PT. INKA melakukan survei jaur kereta api Klakah-Pasirian, yang ditutup sejak tahun 1988 lalu.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha M.Si kepada Jatimtimes mengatakan, survei ini dilakukan, salah satu tujuannya untuk mejajaki kemungkinan diaktifkannya kembali jalur kereta api Klakah-Pasirian.

Baca Juga : Dirjen Perhubungan Darat Terapkan E-Ticket Bus, PO Bus Yakin Bisa

"Ya salah satu tujuannya itu. Tapi ini memang baru tahap awal. Jadi ada rencana untuk menghidupkan kembali jalur kereta api dari Klakah ke Pasirian, dan dari Lumajang ke Rambipuji melalui jalur selatan," kata Nugraha Yudha kepada Jatimtimes.com.

Usai melakukan survei pada jalur Klakah Pasirian, rombongan dari Dinas Perhubungan ini, juga bertemu dengan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq di Pemkab Lumajang. Belum kami peroleh konfirmasi terkait hasil pertemuan itu.

Walau demikian, Sekda Lumajang Drs. Agus Triono, M.Si menyatakan dukungannya jika angkutan kereta api dari Pasirian ke Klakah diaktifkan kembali.

"Kalau kami dari Pemkab tentu sangat mendukung kalau kereta api dari Pasirian ke Klakah kembali diaktifkan. Karena ini akan menjadi alternativ bagi angkutan umum menuju ke stasiun Klakah," kata Sekda Lumajang Agus Triono.

Baca Juga : Siap-Siap, Kota Malang Bakal Tambah Jalur Pesepeda, Ini Titiknya

Menurut Agus Triono, belakangan ini angkutan umum berupa MPU jumlahnya mulai berkurang. Belum lagi dari sisi ketepatan waktu, kereta api lebih pasti jam berangkatnya.

"Kami ingin secepatnya diaktifkan jika memang bisa untuk angkutan barang dan orang. Dari sisi ketepatan, kereta api lebih tepat jam berangkat dan kedatangannya. Saya yakin akan sangat diminati," kata Sekda Lumajang kemudian.

Judul berita Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian Disurvei Dishub Jatim, Akankah Diaktifkan Lagi ?.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kereta Api Dirjen Perkeretaapian

Berita Lainnya