Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Faida Kembali Fasilitasi Keberangkatan Ratusan Santri ke Luar Daerah

Penulis : Hirna Ramadhanianto - Editor : Dede Nana

19 - Aug - 2020, 18:45

Placeholder
Bupati Faida dan Forkopimda lepas keberangkatan ratusan santri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember kembali memfasilitasi keberangkatan santri pondok pesantren ke luar daerah. Terbaru, sebanyak 176 santri putri baru Ponpes Salafiyah Syafi'iyah diberangkatkan kembali ke pondokannya di Kabupaten Situbondo.

Bupati Faida disela pemberangkatan menyampaikan, ponpes menjadi alternatif untuk menimba ilmu lain dengan fasilitas dan pendidikan yang tidak kalah dengan sekolah negeri dan swasta, terlebih dalam hal pendidikan agama.

Baca Juga : Kasus Covid-19 di Jatim Mulai Menurun, Khofifah Minta Masyarakat Jangan Bahagia Berlebihan

"Didikan ponpes juga menjadi bagian penting untuk membangun sumber daya manusia," tuturnya.

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, Pemkab Jember setidaknya telah memfasilitasi keberangkatan 36 ribu santri kembali ke pondoknya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini ratusan santri berangkat didampingi oleh orangtuanya yang akan mengurus administrasi putrinya yang baru menginjakkan kaki di pondok.

"Ini yang diberangkatkan santri baru (masuk ponpes). Yang pertama kali berpisah dengan orangtuanya. Jadi wali santri ikut mendampingi untuk urusan penerimaan santri," jelas Faida usai melepas keberangkatan santri di Terminal Arjasa.

Seperti biasanya, sebelumnya berangkat santri dan yang mendampingi terlebih dahulu mengikuti rapid test. Selain itu, para santri juga mendapatkan fasilitas alas salat yang mudah dicuci. Mereka juga dibekali vitamin C untuk daya tahan tubuh, masker, dan buku panduan Covid-19.

Baca Juga : Hadapi Pilkada Serentak 9 Desember, Bupati Mojokerto Inginkan Suasana Kondusif dan Damai

Faida berharap, para santri baru bisa segera berdaptasi dengan lingkungan yang baru di ponpes. Faida menjanjikan, penghafal al-qur'an minimal 1 juz saja bakal mendapatkan beasiswa sampai ke perguruan tinggi.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hirna Ramadhanianto

Editor

Dede Nana