Botol air mineral Milagros berserakan di jalan akibat tabrakan yang melibatkan sejumlah kendaraan di Jalan Jember-Banyuwangi
Botol air mineral Milagros berserakan di jalan akibat tabrakan yang melibatkan sejumlah kendaraan di Jalan Jember-Banyuwangi

Kecelakaan maut yang menewaskan sejumlah pengendara terjadi di ruas Jalan Raya Jember-Banyuwangi di Kecamatan Silo yang melibatkan truk Mitsubishi Fuso plat nomor P-8525-UG dengan enam unit sepeda motor dan satu unit truk colt diesel, Kamis (13/8/2020).

Kapolsek Silo AKP Suhartanto saat dikonfirmasi di lokasi kejadian mengatakan, penyebab kejadian kecelakaan tersebut diduga karena rem truk Mitsubishi Fuso mengalami trouble atau blong sehingga tidak bisa mengendalikan kendaraan dan menabrak sejumlah pengendara.

Baca Juga : Tak Kantongi Izin, Polres Malang Biarkan Aksi Massa Berjalan tanpa Protokol Covid 19

Menurut mantan Kapolsek Tempurejo itu, kronologi kejadian bermula saat truk Mitsubishi Fuso melaju dari arah Banyuwangi menuju Jember, sesampainya di Pasar Sempolan truk mengalami rem blong. 

Tepat di depan toko kayu UD Wijaya truk menyenggol sebuah sepeda motor Honda Vario 125 yang dikendarai Muhajir (tidak sadarkan diri) bersama Trisia Oktavia (korban luka).

Tidak sampai di situ, di lokasi kedua tepatnya di depan toko pracangan warga, truk Fuso yang sudah dalam keadaan blong kembali menabrak sepeda motor Honda Beat putih yang dikendarai Susiatun yang berboncengan dengan Narsiah dan menabrak Honda GL-Max. Akibat peristiwa itu, dua wanita tersebut meninggal dunia.

"Di situ truk Fuso masih tetap melaju kemudian menghantam truk colt diesel di bagian bak belakang yang membuat truk colt diesel pengangkut air minum Milagros terbalik di bahu jalan. Truk Fuso baru berhenti baru berhenti setelah menabrak pagar milik rumah warga," kata AKP Suhartanto lebih rinci.

Dari data kepolisian, peristiwa tragis tersebut mengakibatkan lima orang meninggal dunia di antaranya Deki (20) warga Desa Seputih, Kecamatan Mayang. Susiatun (40) dan Marsiah Cindy (4) keduanya warga Desa Sempolan, Kecamatan Silo. Rizky Kurniawan (22) warga Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari. Murtohi (50) warga Desa Sumberjati, Silo. 

Baca Juga : Sambut Adaptasi Baru, Polsek Pakusari Aktif Sosialisasi 3 M ke Warga

Selain itu terdapat lima orang korban luka di antaranya Lukmanul Hakim (21), Samsuri (50) pengemudi truk colt diesel, Moh Kodir (25) kenek truk Fuso, Trisia Oktaviana (20), dan Muhajir (21) warga Kecamatan Ajung.

Arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian bisa kembali normal dan lancar sekira pukul 20.00 WIB setelah lebih dari 2 jam tersendat yang mengakibatkan kemacetan sepanjang lebih dari 2 kilometer.