Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana memberikan daging kurban kepada Bhabinkamtibmas untuk dibagikan ke warga.(eko arif s/Jatimtimes)
Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana memberikan daging kurban kepada Bhabinkamtibmas untuk dibagikan ke warga.(eko arif s/Jatimtimes)

Masa pandemi Covid-19 saat ini, pelaksanaan salat Iduladha dan pembagian daging kurban sedikit berbeda daripada tahun sebelumnya. Seperti halnya di wilayah hukum Polresta Kediri, pembagian daging hewan kurban tidak dilakukan secara langsung di lokasi penyembelihan. Daging kurban dibagikan dari rumah ke rumah (door to door) melalui  Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Sedikitnya ada 106 anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Kediri Kota dilibatkan dalam kegiatan distribusi daging hewan kurban. Strategi ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa yang berpotensi terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga : Dugaan Kekerasan Menimpa Dokter oleh Oknum LSM, Lintas LSM Banyuwangi: Polisi Harus Tegas

Bantuan daging hewan kurban tidak hanya menyasar kepada warga yang berdomisili di Kota Kediri saja, melainkan juga di wilayah kabupaten yang masuk dalam jangkauan hukum Polres Kediri Kota. 

"Pembagian daging kurban sebanyak 1 kilogram akan dilakukan dari pintu ke pintu. Anggota Bhabinkamtibmas akan dibantu oleh petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD. Diharapkan dengan adanya penyaluran hewan kurban seperti ini, dapat mencegah penyebaran Covid 19," kata Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana saat ditemui di rumah dinas usai penyembelihan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban untuk jenis sapi dilaksanakan di halaman belakang rumah dinas Kapolres Kediri Kota. Tahun ini Polres Kediri Kota menyembelih enam ekor sapi dan 47 ekor kambing.

Di samping itu, Miko menegaskan jika pelaksanaan perayaan Iduladha di wilayah hukum Polres Kediri Kota saat ini berlangsung kondusif. Pelaksanaan berjalan aman dan lancar mulai dari malam takbir hingga kegiatan salat Iduladha pada Jumat pagi.

Baca Juga : Hewan Kurban Kapolda Jatim Diserahkan Kapolres Tulungagung ke PPHM Ngunut

"Alhamdulilah situasi cukup aman dan kondusif. Tidak ada kegiatan takbir keliling. Seluruhnya dilaksanakan di dalam masjid maupun di musala. Tadi pagi pelaksanaan salat Iduladha di wilayah Kediri juga berjalan aman dan lancar, sesuai protokol kesehatan," pungkasnya.