Bupati Tulungagung Hadiri Puncak Hari Koperasi Nasional ke-73 di Wisata Ori Green Sendang | Jatim TIMES

Bupati Tulungagung Hadiri Puncak Hari Koperasi Nasional ke-73 di Wisata Ori Green Sendang

Jul 28, 2020 21:11
Bupati didampingi Ketua DPRD, kepala dinas Koperasi dan UMKM di acara Peringatan Hari Koperasi Nasional di Tulungagung (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Bupati didampingi Ketua DPRD, kepala dinas Koperasi dan UMKM di acara Peringatan Hari Koperasi Nasional di Tulungagung (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

Acara puncak Hari Koperasi Nasional yang ke-73, Koperasi di Kabupaten Tulungagung memberikan 5.110 paket sembako kepada anggotanya pada Selasa (28/07/2020) di aula unit Usaha Koperasi Tani Jasa Tirta atau wisata Ori Green Desa / Kecaman Sendang. 

Sejumlah tamu undangan duduk rapi dengan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan tempat duduk yang diatur dengan jarak tertentu (pshycal distancing).

Baca Juga : Malang Gleerrr Digadang-gadang jadi Solusi Pulihkan Ekonomi Kota Malang

"Karena menuju new normal dan dalam rangka pemulihan ekonomi, maka acaranya diadakan di Koperasi Tani Jasa Tirta," kata Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Lanjut Maryoto, alasan memilih Ori Green sebagai tempat kegiatan Puncak Hari Koperasi Nasional di Tulungagung ini karena dirasa merupakan tempat wisata potensial. Dengan begitu, paling tidak wisata tersebut bisa ikut terekpose di media massa sebagai bagian membantu promosi wisata milik Koptan itu.

"Pandemi Covid-19 memang memberi dampak yang cukup signifikan di sektor ekonomi masyarakat. Sebagai pemerintah daerah, saya telah mengeluarkan surat edaran dispensasi atau relaksasi kepada para pengguna jasa keuangan (perbankan) termasuk koperasi untuk memberi kemudahan terutama dalam angsuran," ujar Maryoto.

Selain itu sebagai upaya pemerintah dalam hal perlindungan terhadap koperasi, pemerintah daerah juga akan mengadakan pembinaan secara langsung terhadap koperasi di Tulungagung.

"Koperasi harus diproteksi, usia koperasi sekarang sudah 73 Tahun, ini adalah sejarah perjuangan bangsa," jelasnya.

Baca Juga : Soal Pemakzulan, Bupati Jember: Kami Baik-Baik Saja dan Ikuti Mekanisme yang Berlaku

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Tulungagung, Slamet Sunarto menaruh harapan yang besar pada acara puncak Hari Koperasi tersebut.

"Ini kan kita menuju koperasi tangguh, kita harapkan dengan hari koperasi kebersamaan dan gotong royong ini bisa ditumbuhkan seperti slogannya bung Hatta," kata Slamet.

Di massa pandemi Covid-19 ini Sunarto meminta agar jika ada masalah di koperasi, manajemen lebih fleksibel untuk mencapai solusi termasuk masalah kredit macet atau tunggakan.

Topik
berita tulungagung Bupati Tulungagung sembako Kepala Dinas Koperasi

Berita Lainnya