30/01/2023 Operasi Patuh Semeru, Satlantas Polres Malang Bagikan Masker dan Helm | Jatim TIMES

Operasi Patuh Semeru, Satlantas Polres Malang Bagikan Masker dan Helm

Jul 24, 2020 16:22
Satlantas Polres Malang saat membagikan masker kepada pengendara. (Foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Satlantas Polres Malang saat membagikan masker kepada pengendara. (Foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

Pewarta: Aldi Nur Fadil Auliya | Editor: Yunan Helmy

Operasi Patuh Semeru 2020 juga jadi momen Satlantas Polres Malang untuk giat membagikan masker dan helm bagi pengendara, Jumat (24/7/2020).

 Apel pelaksanaan pembagian helm dan masker dipimpin Kastantas Polres Malang AKP Diyana Suci. Salah satu yang melatarbelakangi kegiatan ini dilakukan adalah agar pengendara selalu berhati-hati dan tetap waspada memperhatikan risiko-risiko sebagai pengguna jalan. Juga senantiasa taat dan patuh terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LAJ).

Baca Juga : Sekolah Swasta di Kota Madiun ini Bagikan Seragam dan LKS Gratis

Di Kabupaten Malang, angka kesadaran hukum masyarakat dalam menaati UU LAJ semakin melemah. Hal tersebut dibuktikan dengan angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Malang pada tahun 2020 ini yang semakin meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Iya masih ada yang tidak pakai helm. Di Gondanglegi, misalnya, masih banyak yang tidak pakai helm,” ungkap AKP Diyana Suci di simpang empat Kepanjen.

Selain membagikan masker dan helm kepada pengguna jalan yang tidak mengenakannya, satlantas membagikan selebaran guna mengedukasi masyarakat mengenai Operasi Patuh Semeru 2020.

Selebaran itu berisi sanksi  bagi pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Antara lain, pengendara di bawah umur akan dikenakan hukuman pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

Baca Juga : Polres Tulungagung Bidik Tiga Sasaran selama Dua Pekan Operasi Patuh Semeru 2020

Kemudian, pengendara dalam keadaan mabuk atau menggunakan handphone saat berkendara dikenai pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu. Lalu, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm atau pengguna helm yang tidak berstandar SNI dikenakan denda  maksimal Rp 250 ribu.

Selain itu, pengendara melawan arus dikenai pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu. Dan, penggunaan rotator yang tidak sesuai peruntukan dikenai kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Judul berita Operasi Patuh Semeru, Satlantas Polres Malang Bagikan Masker dan Helm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Malang Operasi Patuh Semeru

Berita Lainnya