Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Ciptakan Generasi Emas, Pemkot Blitar Gelar Lomba Balita Sehat 2020

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

21 - Jul - 2020, 14:00

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso menyerahkan piala kepada pemenang Lomba Balita Sehat 2020.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Kesehatan merupakan hal yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia. Untuk bisa menciptakan masyarakat sehat, sejak dini generasi muda bangsa harus mendapatkan perhatian dengan baik. 

Mencipatakan masyarakat sehat merupakan program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Beragam program diluncurkan melalui Dinas Kesehatan Kota Blitar. Diantaranya dengan gelar lomba balita sehat Kota Blitar 2020.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 dari Klaster Rembang Tembus 10 Orang

Lomba Balita Sehat Kota Blitar tahun 2020 dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (21-22/7/2020) di Balai Kusumowicitro. Lomba diikuti 42 peserta dari 21 kelurahan se-Kota Blitar. Kategori lomba dibagi dalam dua kelompok umur yakni rentang usia 6-24 bulan dan 24 bulan-60 bulan.  

Kepala Dinas Kesehatan, dr M Muchlis menyampaikan, lomba balita sehat merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah untuk mendorong peran serta masyarakat agar tumbuh kembang balita di Kota Blitar optimal. 

“Ini rutin setiap tahun. Balita kita lombakan kesehatannya untuk memacu dan memotivasi para orang tua agar memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam membina tumbuh kembang bayi dan balitanya secara optimal," ucapnya, Selasa (21/7/2020). 

Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan motivasi, kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan serta kesejahteraan bayi dan balita, lanjut Muchlis. 

Dikatakannya pula, beberapa aspek yang dinilai dari lomba ini meliputi status kesehatan anak dan pengetahuan ibu balita tentang kesehatan ibu, bayi dan balita. 

“Lomba ini cuma satu, balitanya sehat. Yang dinilai ya faktor-faktor yang mempengaruhi seperti status kesehatan anak itu ada tiga aspek. Yakni kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut dan psikologi perkembangan anak. Ini dinilai dari seluruh balita hingga dikerucutkan ke tingkat kelurahan dan dilombakan ke tingkat kota," terangnya yang juga menambahkan, untuk aspek kedua yang dinilai adalah pengetahuan ibu balitanya.

Tak hanya itu, masih menurut Muchlis, untuk mencegah penyebaran Covid-19 kegiatan Lomba Balita Sehat Kota Blitar 2020 dilaksanakan dengan protokol kesehatan. 

Baca Juga : Tambah 27 Orang, Total 158 Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Sembuh

“Kita harus melaksanakan apa yang telah ditetapkan pemerintah, terlebih kita adalah Dinas Kesehatan. Dilaksanakan dipadukan dengan era covid, dua-duanya dipadukan dengan kegiatan ini berjalan sukses dan covidnya tidak ada,” tegasnya.

Lomba Balita Sehat Kota Blitar 2020 yang berjalan sukses mendapat apresiasi dari Wali Kota Blitar Santoso. Meski dilaksanakan di masa Covid-19 kegiatan lomba yang dilaksanakan secara protokol kesehatan ini berjalan lancar dengan diikuti peserta yang penuh semangat.

“Saya secara pribadi mengapresiasi. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk memberikan atensi dan perhatian kepada anak-anak,” ucap Santoso.

Santoso menambahkan, Pemkot Blitar mendorong kesehatan balita dengan memberikan gizi tambahan, pemberian nutrisi dan vaksinasi untuk mencegah polio dan hepatitis. Wali Kota juga berharap orang tua memberikan perhatian kepada anak-anaknya yang masih balita.

“Untuk menjadi aset bangsa yang berharga, anak mempunyai hak dan kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi yaitu kebutuhan akan makan dan zat-zat gizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan. Agar tumbuh menjadi generasi berkualitas, anak juga memerlukan lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang mendukung bagi kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya,” pungkasnya.(Adv)


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana