Lokasi mushola yang disasar oleh pelaku pencurian kotak amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Lokasi mushola yang disasar oleh pelaku pencurian kotak amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Pelaku pencurian kembali menyasar musala di kawasan Jalan Teluk Pelabuhan Ratu, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Dua kotak amal di dalam musala dibobol oleh pelaku pencurian yang aksinya sempat terekam CCTV.

Dibobolnya dua kotak amal tersebut baru diketahui Marbot musala, yakni Muhammad Ikhsan pagi tadi, (20/7/2020) ketika mengecek kondisi musala. Saat itu, ia merasa curiga setelah melihat sebuah gembok yang terjatuh di lantai musala.

Baca Juga : Dua Pegawai Nyaris Baku Hantam di Ultah Bupati Ngawi

Ketika diambil, gembok tersebut dalam keadaan rusak. Mengetahui gembok mirip dengan gembok kotak amal, ia kemudian mengecek kondisi kotak amal.

Benar saja, ketika dicek oleh Muhammad Ikhsan, kondisi kotak amal terlihat usai dibuka paksa. Meskipun dua gembok lainnya masih nampak utuh, namun kaitan pengunci kotak amal telah nampak rusak.

"Ya itu awalnya curiga gembok jatuh di lantai, saya lihat ternyata kotak amal yang besar telah dirusak dua gembok memang masih terpasang tapi ya pengaitnya sudah dirusak sehingga bisa dibuka," jelasnya, (20/7/2020).

Mengetahui kondisi tersebut, selanjutnya Muhammad Ikhsan langsung melakukan pengecekan ke server dari kamera CCTV yang terpasang di musala. Benar saja ketika dilihat, ternyata terdapat seorang pelaku yang mencuri uang dalam satu kotak amal tersebut. 

"Kejadiannya ternyata Minggu (19/7/2020) sekitar pukul 05.50 wib," terangnya.

Dalam rekaman kamera CCTV terlihat seorang laki-laki yang mempunyai postur gemuk masuk ke dalam musala dan sebelumnya sempat melihat-lihat situasi dalam musala. Begitu melihat kotak amal yang berukuran besar, pelaku langsung  membobol kotak amal tersebut.

"Setelah mencongkel yang besar, pelaku nyoba mencongkel kotak amal yang kecil. Namun aksinya gagal, mungkin karena kotak yang kecil kayunya tebal," ungkapnya.

Baca Juga : Kepala BNN Trenggalek Targetkan Penurunan Angka Penyalahgunaan Narkotika

Setelah mengambil uang dalam kotak amal, pelaku yang terlihat dari CCTV memasukkan uang ke dalam saku jaket. Setelah itu pelaku kemudian bergegas kabur meninggalkan musala. Pelaku sendiri nampaknya tak sadar jika aksinya terekam kamera pengawas di dalam musala.

Sementara itu, sekretaris mushola, Subkhi menambahkan, jika uang yang dicuri pelaku dari kotak amal, berkisar Rp 300 ribu. Meskipun jumlahnya tak besar, pihaknya akan melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. "Di sini sudah empat kali jadi sasaran pencurian. Nantinya pengawasan di musala juga akan diperketat," pungkasnya.