Bupati Bantul: Di Tengah Pandemi, Koperasi Harus Jadi Rumah Besar UMKM | Jatim TIMES

Bupati Bantul: Di Tengah Pandemi, Koperasi Harus Jadi Rumah Besar UMKM

Jul 14, 2020 13:03
Peringatan Hari Koperasi di Kabupaten Bantul DIY
Peringatan Hari Koperasi di Kabupaten Bantul DIY

Setelah peringatan Hari Koperasi tingkat nasional dilaksanakan pada 12 Juli lalu, hampir seluruh provinsi, kabupaten dan kota juga melakukan hal yang sama. Tidak terkecuali dinas, gerakan, pegiat, dan seluruh insan koperasi di Kabupaten Bantul. 

Pada pagi hari ini (14/7) dilaksanakan seremonial acara peringatan Hari Koperasi untuk Kabupaten Bantul yang diikuti juga oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Baca Juga : Besaran Sewa Alun-Alun Mal Ditentukan, Pemilik Tenant Minta Keringanan

 

Berbeda dengan peringatan hari koperasi pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini dilakukan secara kombinasi offline dan virtual. Beberapa pengurus Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) hadir secara fisik di kantor Dekopinda Kabupaten Bantul. 

Namun tak sedikit yang hadir secara virtual melalui zoom meeting dan juga menonton langsung via YouTube streaming. Dari pantauan wartawan YogyakartaTIMES, ada sekitar belasan orang plus panitia yang hadir di kantor Dekopinda Bantul dan sekitar 60-an orang melalui zoom meeting. 

Pada peringatan Hari Koperasi ke-73 dan UKM ke-5 dengan tema “Era New Norma Kebangkitan Koperasi sebagai rumah besar pemberdayaan UMKM” ini, Bupati Bantul menekankan pada seluruh pelaku koperasi termasuk di dalamnya dinas terkait agar mampu meningkatkan ekonomi nasional. Sesuai temanya, dalam kondisi yang masih terbalut pandemi ini jelas harus menjadi momentum bagaimana koperasi menjadi rumah besar untuk UMKM.

Selain itu, citra dan kesan positif tentang eksistensi usaha dan gerakan koperasi juga harus selalu ditingkatkan untuk kepercayaan masyarakat. 

“Di era new normal ini saya mengajak seluruh gerakan koperasi dan pelaku UMKM di Kabupaten Bantul untuk semakin bersemangat mewujudkan koperasi sebagai rumah besar pemberdayaan UMKM serta dapat dipakai sebagai momentum menciptakan citra kesan positif tentang eksistensi usaha dan gerakan koperasi,” demikian pungkasnya dalam memberikan sambutannya. 

Baca Juga : Masa Transisi, Iklim Investasi di Kota Malang Belum Pulih

 

Sebelum sambutan Bupati, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul terlebih dahulu memberikan sambutan pada para hadirin dan peserta. Dalam sambutannya, Drs. H. Agus Sulistiyana, MM., sebagai kepala dinas mengharapkan dapat membantu aktivitas anggota dan kaum milenial dalam menggunakan teknologi. “Karena mereka semua yang akan menggantikan kita ke depannya,” demikian alasan menekankan hal ini. 

Lebih lanjut, kepala dinas menegaskan agar koperasi tetap tumbuh dan kuat maka koperasi harus mampu adaptasi terhadap lingkungan eksternalnya. Ini jelas menjadi tantangan sendiri bagi koperasi untuk menjawab keinginan generasi milennial. "Oleh karenanya, mulai saat ini (koperasi-red) wajib menyesuaikan keinginan-keinginan kaum milennial dalam penerapan teknologi,” demikian Sulistiaya mengakhiri sambutannya.

Seperti biasa, acara ini diawali pembukaan kemudian diikuti menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi. Sebagai penutup sebelum dilakukan do’a bersama untuk kejayaan koperasi secara simbolis Kepala Dinas memotong tumpeng dan memberikannya pada Ketua Dekopinda Bantul.

Topik
berita yogyakarta bupati bantul Koperasi dan UMKM Dekopinda Kota UMKM Yogyakarta

Berita Lainnya