Live Ngopi Pagi Bantul
Live Ngopi Pagi Bantul

Selain tempat ibadah dan pariwisata yang sudah mulai dibuka di era new normal, pendidikan tahun ajaran baru juga sudah dimulai. Meski masih dalam kondisi pandemi virus covid 19, tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai tanggal 13 Juli 2020. 

Pemerintah mengajak masyarakat untuk selalu bekerja sama dalam menaati protokol kesehatan. Apabila ada masyarakat yang tidak menaati akan dikenakan sanksi. Di dalam dunia pendidikan juga harus dilakukan kerja sama dan konsistensi  guru, siswa, dan lingkungan sekolah untuk menaati protokol kesehatan dalam menghadapi era new normal tahun ajaran baru. 

Baca Juga : Dindik Jatim Beri Kesempatan MPLS SMA/SMK Kunjungan Sekolah 2-3 Jam

Hal itu sebagaimana disampaikan Sekda Bantul Hilmi Jamharis. Menurutnya, saat ini penerapan protokol kesehatan sangat penting. Untuk itu sekolah wajib memfasilitasi tempat cuci tangan, masker, dan hand sanitizer. “Kami berharap sekolah tidak menjadi klaster baru penyebaran covid 19,” kata Hilmi dalam acara Live Ngopi Pagi melalui Youtube, Senin 13 Juli 2020, .

Hilmi juga menyatakan, uUntuk menghindari kerumunan sekolah harus mengurangi kapasitas sekolah. "Apabila ada petemuan yang mengharuskan bertatap muka, pihak sekolah harus menjadwalkan ulang dengan dilakukan dua kali pertemuan. Sehingga dapat mendorong kepada pihak sekolah bagaimana caranya misi itu bisa tersampaikan tetapi tanpa melanggar protokol kesehatan,” Katanya menjelaskan.

Meskipun di Kabupaten Bantul antarwilayah yang satu dengan lainnya berbeda, tetapi penyelenggaran pendidikan sifatnya menyeluruh se-Kabupaten Bantul. Pemerintah tidak bisa menyamakan dengan kebijakan yang berbeda. Tetapi Gugus Tugas Covid 19 berharap daring menjadi pilihan media belajar saat ini. 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul Isdarmoko memberikan ucapan selamat kepada siswa-siswi baru yang memasuki tahun ajaran baru. “Selamat untuk siswa dan siswi karena telah memasuki jenjang pendidikan yang baru, serta sekolah yang sudah kalian cita-citakan. Saya berharap siswa baru mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah, agar keterkaitan dengan kebijakan sekolah kaitannya dengan pengenalan lingkungan, pengenalan fisik, tata cara belajar/kurikulum, tata tertib sekolah, pendidikan karakter maupun hal lain yang kaitannya dengan sekolah.”

Baca Juga : 480 Siswa Ikuti MPLS di Kabupaten Ngawi, Ini yang Dilakukan Pihak Sekolah

Sementara itu, pemerintah sudah menyiapkan kebijakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak bosan dengan metode pembelajaran secara online. Pendidikan di masa pandemi ini adalah tentang kesehatan dan keselamatan dari peserta didik, pendidik, keluarga dan masyarakat.