Petugas Damkar saat melakukan pembasahan areal rumah kosong yang terbakar (Ist)
Petugas Damkar saat melakukan pembasahan areal rumah kosong yang terbakar (Ist)

Kejadian kebakaran di Jalan Polonia 5, RT. 5 RW. 9, Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, nampaknya bisa menjadi peringatan bagi para orang tua agar lebih melakukan pengawasan lagi terhadap anaknya.

Sebab, gegara seorang anak kecil bermain korek api dan tanpa diperhatikan orangtuanya, sebuah rumah kosong yang diketahui milik dari Wir (53) nyaris terbakar habis.

Baca Juga : Kabar Duka, Pencipta Lagu Anak-Anak Papa T Bob Meninggal Dunia

Kepala Unita Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo membenarkan jika kejadian tersebut terjadi lantaran dipicu dari korek api yang dimainkan seorang anak.

"Anak kecil bermain korek di rumah kosong dan ditinggal. Diduga setelah itu, api merembet ke bagian material yang mudah terbakar," jelasnya, Senin (13/7/2020).

Saat itu, petugas Damkar mendapatkan laporan tersebut sekitar pukul 10.50 WIB. Usai mendapat laporan, empat mobil pemadam kebakaran dengan 20 personil langsung menuju lokasi kejadian.

Tiba di lokasi petugas langsung melakukan lokalisir titik api untuk segera dipadamkan. Beruntung 15 menit kemudian kobaran api bisa dipadamkan dengan guyuran kurang lebih 20 ribu liter air.

"Area yang terbakar adalah salah satu ruangan kamar kosong yang berukuran 4 x 10 meter. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

Baca Juga : Mergosono PSBL Hari Pertama, Lebih 10 Warga Ditemukan Bersuhu Tinggi

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat, khususnya para orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya. Terlebih lagi ketika bermain dengan hal-hal yang rentan, harus dalam pengawasan.

"Selalu awasi anak ketika bermain. Apalagi saat bermain di luar rumah. Jangan sampai bermain benda berbahaya seperti korek api. Itu membahayakan diri sendiri dan orang lain," pungkasnya.