Suasana pelayanan pemeriksaan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di Puskesmas Kedungkandang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana pelayanan pemeriksaan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di Puskesmas Kedungkandang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Jumlah kasus positif Covid-19 yang terus melonjak membuat sistem pelayanan kesehatan juga ikut terpacu dalam memberikan hal yang terbaik.

Salah satunya yang dilakukan Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang. Di mana di Puskesmas itu secara khusus membentuk tim kesehatan Terpana (Terpadu Tanggap Corona).

Baca Juga : 9.035 Warga di Kota Batu Sudah Rapid Test, 119 Dinyatakan Reaktif

"Konsep pelayanan itu PPI (Pencegahan Penularan Infeksi). Nah itu dilakukan oleh teman-teman kami di Puskesmas Kedungkandang melalui Terpana," ujar Kepala Puskesmas Kedungkandang, dr Lisna.

Ia menjelaskan, petugas yang tergabung di Terpana ini nantinya yang akan memberikan pemantauan dan pelayanan secara menyeluruh berkaitan dengan pasien Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Kedungkandang.

Mulai dari proses tracing hingga pengambilan tes swab. "Kita membentuk tim-tim yang membantu proses pelayanan bagi pasien Covid-19. Mulai dari proses tracing, pendampingan hingga pengambilan swab di lapangan dan langkah lanjutan pemeriksaan," imbuhnya.

Bahkan untuk metode spraying atau penyemprotan disinfektan pun juga dilakukan oleh tim Terpana tersebut.

Langkah ini juga tak hanya sebatas metode pemeriksaan saja, melainkan juga berkaitan dengan proses edukasi dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di masyarakat.

Baca Juga : Zona Merah, Lembaga Pendidikan di Parengan Disemprot Disinfektan

Apalagi, sampai saat ini masih banyak ditemui masyarakat yang abai akan kedisiplinan. Seperti contoh simpelnya pemakaian masker yang kerap diabaikan. Namun dalam hal ini pihaknya juga menggandeng stakeholder terkait, dari Camat hingga setiap wilayah Kelurahan.

"Memang penanggulangan Covid ndak bisa sendiri-sendiri ya, jadi harus holistik. Ya dirinya kemudian keluarganya, kemudian masyarakat. Kita juga sudah ada koordinasi dengan pak camat, pak lurah. Alurnya sudah kita buat pelan-pelan nanti kita sempurnakan,"pungkasnya.