Papan informasi pembangunan proyek di Desa Ngadirejo, Kabupaten Madiun
Papan informasi pembangunan proyek di Desa Ngadirejo, Kabupaten Madiun

Pembangunan rabat jalan yang menggunakan Dana Desa (DD) anggaran Tahun 2020 di Dusun Pojok, Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, tahap satu sudah selesai dikerjakan.

Namun saat jurnalis MadiunTimes mengkonfirmasi kepada Arik selaku Plt Kasun Pojok, Desa Wonoasri, beberapa waktu lalu, terkait papan informasi yang seharusnya sudah terpasang sebelum dimulainya pekerjaan dan setelah selesai dikerjakan.

Baca Juga : 9 Orang Lagi Positif Covid di Kota Batu, Total Tembus 108

"Kalau papan informasi kemarin sudah terpasang, akan tetapi oleh warga dilepas dan ditaruh di pos Kampling" ucap Arik.

Arik juga menambahkan, bahwa apa yang sudah dikerjakan di RT 025 RW 011 Dusun Pojok, sesuai dengan  Rencana Anggaran Biaya (RAB) senilai Rp 50 juta dengan volume 38,88 m3. Namun satu RAB itu terbagi di empat lokasi yang berbeda.

Setelah tim jurnalis mencari keberadaan papan informasi tersebut benar saja bahwa papan informasi tergeletak di belakang pos kamling. Di papan itu tertera nomial biaya Rp 50 juta. Sayangnya papan informasi tersebut tidak mencantumkan besaran Volume.

Hal itu menjadi salah satu persyaratan yang sudah diperintahkan oleh Undang-Undang.

Dalam ketentuan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP)  sudah diatur bahwa papan informasi harus tercantum sumber dananya dari mana, besarnya dana, dan volume yang akan dikerjakan.

Sementara itu menurut Budi Ketua Java Corruption Watch (JCW) sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pengawasan korupsi menjelaskan, tidak dipasangnya papan nama proyek pada pekerjaan pembangunan yang menggunakan  DD telah melanggar aturan yang ada.

Baca Juga : 4 Lagi Warga Batu Sembuh dari Covid-19, Total Sudah 29 Orang

Tak hanya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP), tapi juga Perpres Nomor 54 tahun 2010, serta Perpres Nomor 70 tahun 2012. Di mana tertuang, setiap pembangunan yang menggunakan anggaran negara wajib di pasang papan nama proyek mulai awal pekerjaan proyek sampai akhir pengerjaan proyek.

“Pengerjaan proyek pemerintah harus mencantumkan  papan informasi jika tidak jelas mereka melanggar aturan,” ucapnya.