Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jokowi Dapat Hadiah Masjid dari Pangeran Arab, Akan Dibangun Mirip Grand Mosque Abu Dhabi

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

10 - Jul - 2020, 09:31

Placeholder
Grand Mosque, Abu Dhabi (Foto: Medcom.id)

Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheik Mohammed bin Zayed Nahyan dikabarkan memberikan hadiah kepada Presiden Joko Widodo. Hadiah tersebut berupa masjid dan Islamic Center.  

Kabarnya, masjid akan dibangun di tempat asal Jokowi, Solo, Jawa Tengah. Pembangunan masjid itu diperkirakan baru akan dimulai pada Desember 2020 mendatang.  

Baca Juga : KPU Banyuwangi Gelar Bimtek Persiapan Coklit, Petugas Nanti Pakai APD Covid

Kabar ini, disampaikan oleh Perwakilan Duta Besar Indonesia untuk UEA, Setyo Wisnu Broto. Wisnu telah melakukan pengukuran lokasi di Gilingan, Solo, Jawa Tengah pada Kamis (9/7/2020). Luas lahan untuk masjid tersebut mencapai 3 hektare.  

Desain masjid hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Presiden Jokowi, Kamis (9/7/2020).
Desain masjid hadiah untuk Jokowi dari pangeran Abu Dhabi (Foto: Kompas.com)

"Ini dulu (lahan) milik Pertamina, lalu diserahkan ke negara yang kemudian diwakafkan ke Kementerian Agama," ujarnya.

Sedangkan untuk desain masjid, kabarnya akan dibangun mirip dengan Grand Mosque, di Abu Dhabi. Pembangunan bisa memakan waktu dua tahun.  

"Masjid ini akan copy paste Grand Mosque," ujar Wisnu.  

Baca Juga : Gugatan Soal Pilpres Dikabulkan MA, Ini Kata KPU Soal Nasib Hasil Suara Jokowi-Ma'ruf Amin

Menurutnya, keinginan itu memang disampaikan oleh Pangeran Sheik Mohammed bin Zayed Nahyan untuk dibuat mirip Grand Mosque lantaran ini merupakan hadiah untuk Indonesia.  

Sementara untuk anggaran pembangunan, pemerintah UEA akan mengikuti kebutuhan anggaran dari Indonesia. Diketahui, tim saat ini telah melakukan pengukuran arah kiblat yang melibatkan pihak NU, Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia.  


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri