Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, bakal menggratiskan rapid test bagi calon mahasiswa baru (Maba) yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN.

Hal ini disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti. Dirinya menyebutkan, fasilitas rapid test dapat diakses oleh calon mahasiswa di seluruh Puksesmas di Kabupaten Blitar. 

Baca Juga : Pemkab dan Dewan Pendidikan Siapkan Buku Pedoman Anak untuk Menuju Jember Religius

“Rapid test digratikan oleh Pemkab Blitar bagi calon maba peserta UTBK. Kenapa digratiskan? Karena Pemkab Blitar khawatir ada calon maba yang kurang mampu melakukan rapid test mandiri karena biaya rapid test yang cukup mahal,” ungkapnya.

Krisna menambahkan, rapid test digratikan juga sebagai upaya Pemkab Blitar dalam mendeteksi dini penyebaran Covid-19 untuk calon mahasiswa baru yang akan mengikuti tes ke luar daerah.

“Pelayanan rapid test bagi calon maba peserta UTBK sudah dimulai di Kabupaten Blitar sejak 6 Juli kemarin di seluruh Puskesmas. Hasil rapid test dari Puskesmas selanjutnya dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar untuk mendapatkan surat keterangan pemeriksaan,” tambahnya.

Seperti diketahui, surat keterangan pemeriksaan non reaktif Covid-19 merupakan syarat bagi calon maba yang akan mengikuti UTBK perguruan tinggi. Sebelum mengikuti UTBK,  calon maba harus melakukan rapid test terlebih dahulu.