Bupati dan Forkopimda Blitar panen ikan nila kekar di Kecamatan Wlingi.
Bupati dan Forkopimda Blitar panen ikan nila kekar di Kecamatan Wlingi.

Bupati Blitar Rijanto bersama jajaran forkopimda memimpin panen raya ikan nila jenis kekar di Desa Tembalang, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (9/7/2020).  Kegiatan ini merupakan program yang diinisiasi Polri dalam menggerakkan petani ikan untuk mendukung program ketahanan pangan di masa pandemi corona (covid-19).

Bupati Blitar Rijanto dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada para petani ikan di Desa Tembalang. Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Polri yang mendorong ketahanan pangan di masa pandemi. 

Baca Juga : Gelar Pelatihan, Dinas Koperasi Kota Blitar Dorong Ketahanan Ekonomi di Tengah Pandemi

“Saya salut kepada petani ikan yang tetap eksis dan pantang menyerah di masa pandemi. Hal semacam ini harus kita dorong terus. Saya juga apresiasi jajaran kepolisian yang punya inisiatif mendorong ketahanan pangan di masa pandemi,” ungkap Bupati Rijanto. 

Sebagai daerah agraris yang tanahnya subur, peternakan dan pertanian merupakan sektor utama yang digeluti masyarakat Kabupaten Blitar. “Kabupaten Blitar solid dalam melaksanakan ketahanan pangan. Sektor peternakan kita berkembang pesat. Selain ikan, ada pula ternak ayam petelur dan ayam pedaging. Selain itu, ada sentra pertanian yang produknya sudah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia," paparnya. 

Sementara Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, ikan yang dipanen ini merupakan program ketahanan pangan yang diinisiasi kapolda Jawa Timur. Ketahanan pangan merupakan salah satu elemen dalam kampung tangguh. 

Baca Juga : Sudah Berjalan, Pengguna Izol Disnaker-PMPTSP Kota Malang Masih Minim

“Di kampung tangguh ada beberapa poin yang harus dilaksanakan. Selain tangguh, masalah kesehatan dan sumber daya manusia juga harus tangguh masalah ketahanan pangan. Pandemi covid-19 ini salah satunya bisa diatasi dengan ketahanan pangan. Kita harus bersyukur di Kabupaten Blitar semua ada. Baik sektor pertanian maupun peternakan sangat banyak di sini," pungkasnya.