Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief saat mengikuti sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI secara virtual. (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief saat mengikuti sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI secara virtual. (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Untuk membangkitkan rasa nasionalisme, meski masih dalam situasi pandemi covid-19, sosialisasi tentang nilai-nilai kebangsaan harus tetap dijalankan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Jember Drs KH A. Muqit Arief saat mengikut sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Baca Juga : Pemkab dan Dewan Pendidikan Siapkan Buku Pedoman Anak untuk Menuju Jember Religius

Menurut wabup, sosialisasi nilai kebangsaan harus tetap dilakukan oleh  siapa pun dengan tetap menggunakan metode terkini yang mudah dipahami generasi muda. “Kita tidak boleh lengah. Sosialisasi tentang nilai-nilai kebangsaan harus tetap dilakukan oleh siapa pun dengan cara-cara terkini yang banyak disukai pemuda,” ujar wabup saat ditemui di ruang kerjanya.

Dengan menggunakan cara-cara terkini, sosialisasi tentang nilai-nilai kebangsaan tetap bisa diterima oleh generasi muda. Namun sebelum menanamkan nilai-nilai kebangsaan tersebut, wabup mengajak kepada semua pihak untuk memberikan contoh terlebih dahulu.

“Untuk sosialisasi nilai kebangsaan di era seperti saat ini, kita tidak bisa hanya dengan tulisan dan ucapan, tapi harus dengan tindakan dan contoh. Karena itu, sebelum sosialisasi, kita harus memulai dari diri kita sendiri, khususnya sebagai pemimpin di semua level. Soalnya, keteladanan dalam banyak hal itu harus ditunjukkan,” tandas wabup.

Sementara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kepala daerah merupakan ujung tombak dalam mengelola tata kehidupan masyarakat. "Semangat membangun daerah harus diselaraskan dengan semangat membangun ikatan kebangsaan. Di sinilah letak urgensinya.  Perlu para kepala daerah terlibat dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI,” ujar dia.