Ketua PMI Cabang Jember H. EA Zaenal Marzuki saat melepas tim promkes (Gufron / Jatim TIMES)
Ketua PMI Cabang Jember H. EA Zaenal Marzuki saat melepas tim promkes (Gufron / Jatim TIMES)

Situasi Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum ditemukan vaksinnya, diperkirakan masih akan terus berlangsung. Sehingga mau tidak mau, masyarakat harus membiasakan diri hidup ‘berdampingan’ dan tangguh menghadapi virus tersebut.

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember, Rabu (8/7/2020) membentuk tim untuk melakukan promkes (promosi kesehatan) dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar berperilaku PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), dengan tetap menggunakan masker serta mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Gebrakan Baru Polres Madiun Kota Hadapi Covid-19: Motor Tangguh

“Hari ini kita membentuk tim yang akan melakukan promkes dan edukasi kepada masyarkat, sesuai hasil evaluasi dan yang disampaikan oleh Ketua Umum PMI, Bapak Yusuf Kalla, bahwa virus corona ini diperkirakan akan berlangsung selama 2-3 tahun dengan kondisi seperti saat ini," ujar Ketua PMI Cabang Jember H. EA Zaenal Marzuki. 

"Oleh karenanya, kami di daerah akan terus terjun ke masyarakat untuk memberikan edukasi, agar masyarakat tetap menggunakan masker untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut,” lanjutnya kepada wartawan.

Selain gencar melakukan promkes dan edukasi tentang PHBS kepada masyarakat, PMI juga akan terus melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan pusat keramaian, serta membagikan sprayer (alat penyemprotan) di pondok pesantren dan lembaga pendidikan.

“Kita tidak cukup kalau hanya menyampaikan imbauan lewat kantor dan membagikan brosur imbauan, tapi kita harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan langsung dan menjawab apa yang menjadi keluhan masyarakat, sehingga edukasi yang disampaikan bisa langsung diterima oleh masyarakat,” beber Zaenal. 

Baca Juga : 30 Karyawan BRI Kanwil Malang Dikabarkan Positif Covid-19, Sutiaji: Bisa Iya, Bisa Tidak

Zaenal berharap, masyarakat akan terbiasa dan tangguh dalam menghadapi virus Covid-19, dengan menerapkan PHBS dan melakukan physcal distancing. “Kegiatan kami ini akan terus berlangsung secara berkala, hingga terbebas dari Pandemi Covid-19, target kami masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana (non alam) wabah seperti saat ini,” pungkas Zaenal. (*)