Danisworo, Camat Muncar Menyerahkan Bantuan Disinfektan Bagi Masyarakat-Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Danisworo, Camat Muncar Menyerahkan Bantuan Disinfektan Bagi Masyarakat-Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Posisi geografis kecamatan Muncar membutuhkan pemikiran dan penanganan lebih rumit dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hal itu kawasan pantai selatan Jawa banyak mengililingi Muncar. 

Menurut Danisworo, Camat Muncar pada dasarnya yang cukup bahaya bagi penyebaran wabah Covid 19 adalah mobilitas masyarakat yang keluar masuk di kabupaten/kota yang masuk zona merah untuk urusan bisnis mereka.

Baca Juga : Heboh Petinggi BRI Malang dan 30 Pegawai Terjangkit Covid-19, Ini Kata Satgas

Muspika Muncar bersama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat berupaya maksimal mencegah penyebaran wabah Covid-19 dengan terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat memahami mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam masa transisi menuju tata kehidupan normal baru atau era new normal, masyarakat diharapkan tetap hati-hati dan waspada kemungkinan tertular virus Corona terutama apabila melakukan interaksi dengan masyarakat yang berasal dari wilayah lain, imbuh Camat berkumis itu.

Selanjutnya dia menambahkan dalam masa transisi pihaknya dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan antara lain; memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan lain sebagainya. "Dalam masa transisi aktivitas masyarakat harus tetap jalan karena apabila mandek maka ekonomi akan lumpuh dan memicu timbulnya masalah lain,"jelas ayah dua anak itu.

Lebih lanjut dia menuturkan dalam masa transisi menuju era new normal untuk tempat ibadah, restoran dan warung makan serta destinasi wisata sudah dilakukan simulasi dan dijalankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

Khusus bagi kelompok nelayan Muncar, menurut Alumni Fisip Universitas Jember, pihak muspika Muncar tidak jemu-jemu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada mereka yang setiap melaut dan mobilitasnya cukup tinggi.

Baca Juga : Rekor Baru, Sehari Kota Malang Tambah 21 Kasus Positif Covid-19

Demikian pula bagi pendatang yang masuk wilayah Muncar, mereka wajib melakukan cek kesehatan di pos layanan kesehatan yang ada. Selain itu wajib membawa surat keterangan sehat dari instansi yang berwenang serta tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan aktivitas di wilayah Muncar.