Penyerahan bantuan wastafel portabel atau tempat cuci tangan dan masker kepada perwakilan instansi, Kamis (2/7/2020).
Penyerahan bantuan wastafel portabel atau tempat cuci tangan dan masker kepada perwakilan instansi, Kamis (2/7/2020).

Pemerintah Kecamatan Kepanjen melalui program Proyek Nata Agung melakukan pendistribusian 200 wastafel portabel atau tempat cuci tangan yang praktis yang dibagikan ke 12 desa dan 3 kelurahan yang terdapat di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (2/7/2020). 

Selain mendistribusikan wastafel portabel, pihak Kecamatan Kepanjen juga menyalurkan ribuan masker yang berjumlah 5.500 masker untuk dibagikan kepada masyarakat dimulai sejak hari ini dibagikan secara bertahap. 

Camat Kepanjen Abai Saleh mengungkapkan bahwa program Proyek Nata Agung sudah bergerak sebelum adanya pandemi Covid-19 yang memang fokus pada aksi kemanusiaan. 

"Nata Agung ini, suatu proyek yang bergerak di kemanusiaan yang berlokasi di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen. Sebelum muncul virus ini (Covid-19), mereka sudah peduli terhadap masyarakat," ujarnya ketika dikonfirmasi oleh awak media, Kamis (2/7/2020). 

Dalam pendistribusiannya pun, Abai mengatakan bahwa penyaluran wastafel portabel dan masker, juga akan dibagikan di fasilitas umum, tempat keramaian, serta kantor instansi TNI dan Polri yakni di Koramil 0818/05 Kepanjen dan Polsek Kepanjen. 

"Masker sudah dibagikan. Pada hari ini, 200 tempat cuci tangan dibagikan ke desa, masing-masing desa mendapatkan 10 unit. Sisanya ditaruh di fasum (fasilitas umum), maupun Koramil dan Polsek," tuturnya. 

Sementara itu, Abai mengungkapkan terkait tujuan dari pendistribusian wastafel portabel dan masker yakni untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan, Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) diimplementasikan dengan mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir, memakai masker saat di luar rumah dan juga tetap menerapkan physical distancing. 

Hal itu sebagai upaya masyarakat untuk mencegah persebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Malang yang setiap hari masih didapati penambahan jumlah pasien positif Covid-19. 

"Ini kita edukasikan ke masyarakat untuk bagaimana memakai masker, bagaimana mencuci tangan. Karena kita akan menindak tegas kepada masyarakat yang tidak peduli," tegas Abai. 

Akan ada rencana penambahan unit wastafel portabel dan masker, sebagai upaya dalam membantu Pemerintah Kabupaten Malang untuk mencegah persebaran Covid-19. Nantinya melalui program Proyek Nata Agung akan diupayakan untuk dilakukan pengajuan dan pendistribusian kembali. Karena dengan cara seperti itu, menunjukkan keseriusan pihak Kecamatan Kepanjen dalam membantu mencegah persebaran Covid-19.