Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Kabar Baik. 8 Petugas Kesehatan Sembuh dari Covid 19

Penulis : Joko Pramono - Editor : A Yahya

01 - Jul - 2020, 18:28

Placeholder
Kadinkes Tulungagung dr. Kasil Rokhmat saat menyerahkan surat keterangan sembuh pada salah satu paramedis (Joko Pramono for jatim TIMES)

Raut muka bahagia tak bisa disembunyikan dari wajah 8 tenaga medis Tulungagung ini. Betapa tidak, mereka telah dinyatakan sembuh dari Covid19 setelah menjalani perawatan dan karantina.

Apalagi kesembuhan para tenaga medis ini juga dijemput oleh puluhan rekan seprofesi mereka. Mereka secara khusus melakukan penjemputan ini. Penjemputan dilakukan di Puskesmas penyangga Covid19, Puskesmas Beji, Boyolangu.

Baca Juga : Mulai Hari Ini, Iuran BPJS Kesehatan Naik, Ada 40 Ribu Peserta yang Turun Kelas

Salah satunya adalah Windaru Pratiwi (24), Bidan di Puskesmas Jeli Kecamatan Karangrejo. Windaru menjadi pusat perhatian lantaran sedang mengandung 4 bulan anak pertamanya.

Di tengah kebahagiaan menanti kelahiran anak pertama, Windaru dinyatakan positif Covid-19. “Sebelumnya saya sudah 12 hari menjalani karantina di Puskesmas Bangunjaya,” ungkap Windaru.

Kekhawatiran sempat muncul saat menjalani karantina, apalagi saat itu dirinya sedang hamil. Dirinya takut kondisinya berpengaruh terhadap perkembangan janinnya.

Namun sebagai insan yang tahu tentang kesehatan, dirinya tidak boleh larut dalam kondisi ini yang berakibat buruk pada kondisi janinnya. Ia kemudian berusaha menenangkan pikiran dan mengisi waktunya dengan hal-hal yang menyenangkan.

“Kangen dengan keluarga, setiap hari video call dengan suami,” ucapnya.

Meski tak ada dokter spesialis kandungan yang mendampingi selama jalanya karantina, pelayanan dokter umum yang merawatnya sangat bagus. Windaru pun yakin tidak ada gangguan pada janinnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad mengatakan, mereka yang sembuh adalah paramedis.

Empat  orang berasal dari Puskesmas Jeli, Kecamatan Karangrejo  dan empat dari Puskesmas Boyolangu. Di Tulungagung ada sekitar 34 tenaga medis yang terpapar Covid 19. 30 di antaranya merupakan paramedis (bidan dan perawat).

Baca Juga : Terdampak Covid, 4 Bulan Capaian Imunisasi Bayi di Kota Batu Masih 32,95 Persen

“Sekarang masih ada satu paramedis yang masih menjalani karantina. 29 lainnya sudah sembuh,” ungkap Kasil.

Paramedis yang saat ini sudah sembuh diduga tertular dari rekan mereka yang menangani pasien. Mereka rata-rata sudah menjalani karantina lebih dari 10 hari. “Mereka ini berasal dari klaster pabrik rokok serta PPDT (Pelaku Perjalanan Daerah Transmisi),” ujar Kasil.

Lebih jauh dr Kasil memastikan, mereka tidak berbahaya karena tidak bisa menularkan virus corona.

Karena itu Kasil berharap agar masyarakat bisa menerima mereka. Seluruh paramedis ini juga akan kembali bekerja seperti semula.

“Kami berikan waktu istirahat beberapa hari, nanti mereka akan kembali bekerja,” pungkas Kasil.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

A Yahya