Salah satu petugas lalu lintas mempraktikkan cara berkendara yang benar.(akp arif s for Jatimtimes)
Salah satu petugas lalu lintas mempraktikkan cara berkendara yang benar.(akp arif s for Jatimtimes)

Puluhan anggota komunitas sepeda mengikuti pelatihan safety riding dan etika berlalu lintas yang digelar di Mako Satlantas Polresta Kediri, Sabtu ,(27/6/20) siang. Pelatihan ini termasuk rangkaian HUT Ke-74 Bhayangkara.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengatakan, dengan pelatihan safety riding dan etika berlalu lintas tersebut, ditargetkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas kian meningkat.

Baca Juga : Warga Jember Terima BLT DD Rp 300 Ribu Sekali, Stiker Warga Miskin di Rumahnya Raib

"Lantaran sejauh ini, pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan, terutama pengendara sepeda, yakni menerobos lampu merah. Bahkan, di tengah pandemi covid-19 ini juga masih ditemukan pengendara yang belum mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

Menurut AKBP Miko, atas masih minimnya kesadaran pengendara sepeda yang belum menerapkan protokol kesehatan, maka pada masa sekarang tidak dikenakan sanksi khusus. Namun, si pengendara  akan diberikan imbauan tentang protap kesehatan dari petugas berwajib.

"Sanksi yang belum patuh terhadap protap kesehatan belum kami kenakan. Tapi, kalau mereka terbukti melanggar aturan lalu lintas, tentu petugas satlantas akan memberikan tilang," tandasnya.

AKBP Miko berharap, melalui pelatihan tersebut, masyarakat yang memiliki hobi bersepeda bisa tetap berolahraga dengan baik dan mempunyai tubuh bugar. Kemudian, pengguna jalan lainnya juga tetap dapat beraktivitas di jalan raya dengan aman.

Baca Juga : Beredar Video dan Foto Aksi Warga Membela Dewan Soal Kunker, Ini Kata Ketua DPRD Jombang

Sementara itu, tampak puluhan anggota KOSTI Kediri menjadi peserta pelatihan safety riding dan etika berlalu lintas di Mako Satlantas Polresta Kediri. Di tempat ini, mereka mendapatkan pelatihan teori serta praktik berkendara roda dua maupun roda empat secara baik dan aman dari sejumlah instruktur sekaligus penguji calon pemohon SIM di wilayah hukum Polresta Kediri.