Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Sah, NasDem Resmi Usung Sanusi-Didik di Pilkada Kabupaten Malang 2020

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

26 - Jun - 2020, 14:26

Placeholder
Proses penyerahan berkas rekomendasi dari DPP Partai NasDem kepada Sanusi sebagai Calon Bupati Malang yang diusung oleh PDI Perjuangan, Kamis (26/6/2020). (Foto: Sodikul Amin for MalangTimes)

Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang tahun 2020.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai NasDem Kabupaten Malang yang juga selaku Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang Fraksi Partai NasDem, Sodikul Amin yang mengungkapkan, bahwa penyerahan berkas rekom resmi dari DPP Partai NasDem terkait dukungan ke pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati SanDi dilakukan kemarin malam. 

Baca Juga : Pakar Politik UB Malang: Kunci Pilkada Kabupaten Malang Ada di NU

"Alhamdulillah kemarin (25/6/2020) ada di Batavia Resto kita ketemu dengan Pak Sanusi. Sudah keluar (rekom) dari DPP NasDem, sudah diberikan kemarin," ungkapnya ketika dikonfirmasi oleh MalangTimes, Jumat (26/6/2020).

Terkait alasan dari Partai NasDem memutuskan untuk bergabung dengan PDI Perjuangan pada perhelatan Pilkada Kabupaten Malang 2020, dikarenakan paslon SanDi memiliki integritas dan pengalaman dalam mengelola pemerintahan.

"Catatan awal NasDem mendukung pasangan calon adalah satu integritas dari calon itu. Kedua pengalaman. Karena Kabupaten Malang ini cukup luas, kemudian juga potensi wilayah kita luar biasa maka dibutuhkan sosok pemimpin yang cakap, punya integritas dan berpengalaman mengelola. Itu menjadi kebijakan kita dan itu diiyakan oleh DPW maupun DPD," Jelas Amin ketika ditanya terkait keputusan mengusung SanDi. 

Terkait partai mana saja yang nantinya diharapkan oleh NasDem bersama-sama mengusung SanDi di Pilkada Kabupaten Malang 2020, Amin mengatakan bahwa semua partai kecuali PDI Perjuangan dan PKB yang dapat mencalonkan sendiri paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang.

"Kita berharap sebagai pengusung SanDi ada temen-temen dari partai yang lain mempunyai pemikiran yang sama menjatuhkan pilihannya kepada SanDi. Selain itu (PDIP dan PKB) masih ada potensi kita ajak untuk bergabung bersama-sama," ujarnya. 

Baca Juga : Harapan DPC PKB: Rekom Cabup Turun untuk Ketua PCNU Kabupaten Malang

Sementara itu, Amin menambahkan, bahwa sebelum mengusulkan nama paslon SanDi ke jajaran DPD, lanjut lagi ke DPW dan berakhir ke DPP Partai NasDem. Pengurus di daerah telah menjajaki para kandidat bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati Malang untuk melihat kesungguhannya. 

"Saya yakin dalam jajaran pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Malang tentu juga sudah melihat sejauh mana (para kandidat bakal calon) kesungguhan untuk membangun Kabupaten Malang tentu itu yang menjadi catatan," pungkasnya.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana