Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Malang urung melandai. Per hari ini (Selasa, 23/6/2020) total kasus mencapai angka 168.

Bahkan, kali ini mencatat rekor yang ketiga kalinya karena dalam sehari ada tambahan 20 pasien.

Sebelumnya, pada tanggal 16 Juni 2020 lalu sempat ada penambahan sebanyak 14 pasien, dan pada tanggal 18 Juni 2020 rekor kedua dengan tambahan 15 pasien.

Dari total penambahan 20 pasien positif Covid-19 yang baru ini, 13 di antaranya lagi-lagi tertular karena kontak erat sebelumnya. Mereka merupakan warga dari satu wilayah dari Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan sebanyak 13 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini diketahui setelah sebelumnya menjalani tahapan rapid test dan PCR-swab di wilayah Kelurahan Bunulrejo dari 106 warga.

"Ada 13 pasien merupakan kontak erat dari pasien positif Covid-19 sebelumnya di wilayah Jl Binor, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing. Ini merupakan hasil tracing atas warga 2 RT pada 1 RW, setelah melalui tahapan rapid test dan swab secara bertahap terhadap 106 warga," ujarnya.

Sebelumnya, pasien pertama conform positif Covid-19 notabene berprofesi sebagai pemuka agama. Yang mana, sempat berinteraksi dengan warga sekitar.

"Mereka merupakan tetangga dari keluarga konfirm positif sebelumnya, yang notabene berprofesi peracangan di rumah dan pemuka agama setempat yang interaksi di tempat ibadah dengan warga juga tinggi," imbuhnya.

Sedangkan 6 kasus positif Covid-19 lainnya, merupakan pasien baru yang saat ini masih dilakukan proses tracing. Meliputi, 3 laki-laki dan 3 perempuan.

"Dan satu lagi, merupakan tenaga kesehatan (Nakes) di salah satu rumah sakit, berjenis kelamin perempuan dengan usia 29 tahun," terangnya.

Sementara itu, untuk jumlah kasus Covid-19 di Kota Malang dari beberapa kategori lainnya sampai saat ini juga masih ada yang mengalami penambahan.

Kategori ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 977 atau bertambah 7 dari hari sebelumnya. Dengan rincian, 50 masih dalam tahap dipantau, 925 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) totalnya menjadi 320 atau bertambah 1 orang dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 186 orang, yang masih dalam perawatan ada 106, dan meninggal dunia sebanyak 28.

Kemudian, untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) hari ini tidak ada penambahan dari hari sebelumnya atau tetap di angka 577.

Sedangkan kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat tak ada perubahan atau masih di angka 2.820.