Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Positif Covid-19, Ibu Hamil 28 Minggu di Kota Malang Meninggal Dunia

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

23 - Jun - 2020, 13:50

Placeholder
Ilustrasi ibu hamil. (Foto : istimewa).

Kasus pasien positif covid-19 di Kota Malang saat ini mencapai angka 148. Dari jumlah tersebut, 1 pasien tercatat meninggal dunia. Yakni seorang ibu yang tengah hamil 28 minggu.

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, pasien yang merupakan ibu hamil tersebut dilaporkan meninggal dunia pada 18 Juni 2020 lalu.

"Ibu hamil ini merupakan warga di Jl Setia Budi Dalam, Kecamatan Klojen, dan meninggal pada 18 Juni lalu pukul 07.15. Ia berusia 31 tahun dan tengah hamil usia 28 minggu," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Malang, Selasa (23/6/2020).

Pasien ibu hamil ini menjalani perawatan di Ruang Pinere Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) selama kurang lebih hampir sepekan sebelum dinyatakan meninggal.  "Pasien dirawat dari  13 Juni 2020 selama 5 harian. Swab terakhir 14 Juni, hasil positif. Sebelumnya, pasien ditetapkan sebagai PDP hingga keluar hasil swab-nya," jelas Husnul.

Pasien tersebut meninggal karena mengalami cardiac arrest atau kondisi jantung tiba-tiba berhenti berdetak disertai gagal napas selama perawatan berlangsung. "Informasinya ada gangguan cardiac arrest. Itu gagal napas. Nah itu komorbid-nya kalau sebagian ada yang memperberat di jantungnya selain cardiac arrest-nya itu," ungkap Husnul.

Sementara untuk proses terjangkitnya, hingga saat ini petugas kesehatan dari Puskesmas Rampal Celaket masih melakukan  tracing. Termasuk kepada yang kontak erat dengan pasien sebanyak kurang lebih 6 orang. 

Baca Juga : Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang yang Positif Covid-19, Dinyatakan Sembuh

Sementara itu, untuk jumlah kasus covid-19 di Kota Malang dalam  beberapa kategori lainnya, sampai kemarin (Senin, 22/6/2020) juga ada yang mengalami penambahan.

Kategori ODP (orang dalam pantauan) kini mencapai 970 atau bertambah 1 dari hari sebelumnya. Rinciannya, 47 masih dalam tahap dipantau, 921 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (pasien dalam pengawasan) totalnya menjadi 319 atau bertambah 8 orang dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 186 orang, yang masih dalam perawatan ada 106, dan meninggal dunia sebanyak 27.

Kemudian, untuk OTG (orang tanpa gejala) tidak ada penambahan dari hari sebelumnya atau tetap di angka 577. Sedangkan kategori ODR (orang dalam risiko) tercatat bertambah 65 dari hari sebelumnya, mencapai angka 2.820.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy