Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Di Tengah Kendala, KPU Kabupaten Malang Siap Verifikasi Faktual Paslon Independen

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

18 - Jun - 2020, 20:53

Placeholder
Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini saat menjelaskan kesiapan pelaksanaan verifikasi faktual

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang sedang bersiap melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal calon pasangan perseorangan. Jika sesuai dengan agenda yang sudah ditentukan, verifikasi faktual itu rencananya bakal dilakukan pada akhir Juni 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini, saat dikonfirmasi terkait kelanjutan tahapan dalam Pilkada serentak 2020.

Baca Juga : Anggaran Perjalanan Dinas Rp 3 Miliar Pilkada Jember Dialihkan untuk Tambah 362 TPS

”Jadi terkait verifikasi faktual terhadap dukungan bakal pasangan calon perseorangan rencananya akan dilaksanakan pada tangal 28 Juni. Ini sesuai dengan perencanaan dari Kabupaten Malang juga," ucapnya, Kamis (18/6/2020).

Terkait sebaran wilayah yang akan dilakukan verifikasi faktual, Anis mengaku jika mengacu pada saat penyerahan dukungan, data para pendukung bakal calon perseorangan ini tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

”Jadi ada semua di 33 Kecamatan. Cuma di berapa desanya saya tidak hafal. Yang paling banyak itu ada di Kecamatan Wajak, kurang lebih ada sekitar 15 ribu,” ujarnya.

Menginggat luas dan banyaknya data yang harus diverifikasi faktual, membuat KPU berupaya untuk memastikan kondisi kesehatan para petugasnya. Sebab, dengan adanya pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan sarana dan prasarana kesehatan mutlak diperlukan.

”Prinsipnya bahwa kesehatan itu kan hak setiap orang. Kita melaksanakan tahapan pemilihan serentak lanjutan ini harus sesuai dengan standart protokol Covid-19. Berarti mulai dari tahapan verifikasi faktual sampai dengan nanti pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, semua harus sesuai dengan standart prosedur pencegahan covid-19,” ungkap Anis.

Lanjutnya, salah satu yang akan dipersiapkan selama tahapan pemilihan kepala daerah lanjutan ini, adalah kelengkapan APD (Alat Pelindung Diri).

”Jujur memang kami masih benar-benar mempersiapkan untuk APD. Karena memang APD ini diluar rencana terkait dengan anggaran. Padahal ini (APD) menjadi sebuah kebutuhan dan kebutuhan ini berimplikasi pada anggaran,” keluh Anis.

Baca Juga : Bapenda Umumkan Juara Anugerah Insan Pers 2020, Jurnalis MalangTIMES Juarai Kategori Online

Seperti yang sudah diberitakan, KPU Kabupaten Malang membutuhkan tambahan anggaran sejumlah Rp 29 miliar untuk memenuhi kebutuhan APD. Namun demikian, pihaknya mengaku akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait terutama Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, guna mengantisipasi kemungkinan terburuk. Yakni terkait kemungkinan penambahan anggaran yang tidak cair meski sudah memasuki tahapan verifikasi faktual pada 28 Juni mendatang.

”Minimal ada 3 item yang dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya itu ada masker, hand sanitizer dan thermo gun,” ucap Anis.

Dari hasil koordinasi sebelumnya, Anis mengaku jika Dinkes Kabupaten Malang mengatakan kesiapannya untuk mendukung langkah KPU dalam menerapkan protokol kesehatan. Dukungan tersebut salah satunya dengan memberikan pasokan hand sanitizer yang diperuntukkan bagi petugas KPU. 

”Memang sudah ada dukungan dari Dinkes (Kabupaten Malang), kemarin sudah hadir hand sanitizer. Jadi nanti masing-masing petugas akan dibekali hand sanitizer. Tapi kalau masker kita positif thinking masing-masing penyelenggara itu sudah siap dengan masker, karena memang situasinya seperti ini dan sudah diwajibkan untuk mengenakan masker,” pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana