Calon pendaftar PPDB jalur zonasi Kota Malang saat mengakses sistem PPDB Kota Malang (Pipit Anggeaeni/ MalangTIMES).
Calon pendaftar PPDB jalur zonasi Kota Malang saat mengakses sistem PPDB Kota Malang (Pipit Anggeaeni/ MalangTIMES).

Maksimalkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi secara daring atau online, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang akan gandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diakominfo) Kota Malang.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Diskominfo Kota Malang, M. Sulthon usai mengikuti hearing bersama Komisi A DPRD Kota Malang dan Komisi D DPRD Kota Malang pada Rabu (3/6/2020). Hearing tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Malang, Diskominfo Kota Malang,dan Dispendukcapil Kota Malang.

Baca Juga : Masuk Jajaran Kampus Terbaik, UIN Malang Bersiap Sambut New Normal Life

Sulthon menyampaikan, untuk memaksimalkan server dari pendaftaran PPDB yang dilakukan secara daring, maka sepenuhnya akan diserahkan kepada Diskominfo. Sehingga, akan lebih mudah dilakukan pemantauan dan pengendalian.

"Sebelumnya, server juga tidak ada masalah. Tapi mungkin memang pada keamanan sistem yang belum terafiliasi dengan baik," katanya.

Itu sebabnya, dengan kolaborasi yang dibuat, maka PPDB jalur zonasi yang dilakukan secara daring akan lebih diperkuat. Sehingga, masyarakat yang hendak mendaftarkan putera dan puterinya ke jenjang pendidikan akan lebih dimudahkan lagi.

"Sekarang sudah kami kawal bersama, antara Dinas Pendidikan dan Diskominfo," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Eddy Widjanarko menambahkan, dari hearing tersebut, Komisi A dan Komisi D DPRD Kota Malang akan bersama-sama mengawal proses pelaksanaan PPDB jalur zonasi tersebut. Dia juga menyampaikan jika permasalahan sistem online sepenuhnya disepakati untuk dikelola Diskominfo Kota Malang.

Baca Juga : Soal PPDB Zonasi, Berikut Contoh Kasus dan Solusi untuk Wali Murid yang Terkendala KK

"Sudah beres semua. Masalah sistem online dan server diserahkan ke Kominfo. Karena memang induknya ada pada Kominfo," terangnya.