Komandan Satgas New Normal Life Kabupaten Malang, Letkol Inf Ferry Muzawwad (kanan) saat memimpin rapat sosialisasi new normal
Komandan Satgas New Normal Life Kabupaten Malang, Letkol Inf Ferry Muzawwad (kanan) saat memimpin rapat sosialisasi new normal

Lokasi keramaian bakal jadi sasaran utama penertiban yang dilakukan oleh Satgas New Normal Life di Kabupaten Malang. Hal itu ditegaskan langsung oleh Komandan Satgas New Normal Life Kabupaten Malang, Letkol Inf Ferry Muzawwad saat menghadiri agenda Rapat Sosialisasi di Pendopo Kepanjen, Selasa (2/6/2020).

”Nanti akan kita laksanakan operasi secara terpadu, khususnya di tempat keramaian. Jadi prioritas di Kabupaten Malang meliputi pasar, restoran dan pertokoan yang dapat menghadirkan orang banyak bakal menjadi sasaran utama kami,” kata anggota TNI yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu itu.

Baca Juga : Bahaya! RS Rujukan Berpotensi Jadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19 di Malang

Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan tersebut, lanjut Ferry, bertujuan untuk memberikan penyuluhan terkait pencegahan penularan covid-19. ”Intinya kita ingin berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa virus ini tidak akan habis, di negara kita virus ini akan terus berjalan. Oleh karena itu kita harus menjalankan upaya-upaya pencegahan. Yaitu di antaranya dengan cara wajib menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan,” ungkap Ferry.

Secara kuantitas, Ferry mengaku jika jumlah personel yang dilibatkan dalam Satgas New Normal Life, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

”Tentunya ini ada penebalan (jumlah personel), karena ada kaitannya dengan titik keramaian yang mebutuhkan personel banyak. Kalau secara gabungan ada 3 ribu lebih personel yang dilibatkan,” sambung Ferry.

Personel yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dishub, hingga Satpol PP tersebut, akan dikerahkan untuk melakukan patroli di lokasi yang terindikasi dapat terjadi keramaian saat memasuki masa transisi new normal life.