Habib Hasan saat tiba di grahadi
Habib Hasan saat tiba di grahadi

SURABAYATIMES - Aksi Habib Hasan Mulachela viral belakangan ini. Itu lantaran dia membagi-bagikan sembako berisi uang serta obat-obatan secara langsung atau sendiri di tengah usianya yang sudah lansia.

Habib Hasan biasa menggunakan mobil sport Honda CR-Z Hybrid warna kuning miliknya untuk melakukan aksi sosial.

Sabtu (30/5) siang, Habib Hasan mengunjungi Kota Surabaya. Dia bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi.

Habib Hasan sengaja datang jauh dari Kota asalnya, Solo, Jawa Tengah, lantaran prihatin dengan kondisi Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. Sebab, hingga saat ini, kasus covid-19 di Surabaya masih cukup tinggi.

Saat bertemu gubernur, Habib Hasan memberi bantuan 300 botol probiotik. Semacam ramuan herbal untuk memperkuat imun melawan covid-19. Ramuan ini diproduksi sebuah pabrik di Malang dan berlisensi Jepang. Satu botol 500 ml itu seharga Rp 350 ribu.

“Saya saja dari Solo datang ke sini untuk berbagi, untuk membuat ketenangan masyarakat. Padahal, saya sendiri bukan warga Jatim," ujarnya ditemui usai menghadap gubernur.

Tak berselang lama kemudian, Habib Hasan menyentil sikap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang marah-marah dan viral akibat merasa diboikot terkait mobil PCR. "Lah di sini kok ada yang marah-marah. Mestinya bisa ditahanlah. Menahan diri dan konfirmasi datang untuk tabayun," ucapnya.

Menurut Habib Hasan,  masyarakat saat ini sudah panik, resah, dan bingung. "Yang pekerja harian nggak bisa kerja tiap hari. Pemimpin mestinya mengayomi, menenteramkan dan mencari jalan solusi, bukan marah-marah,” tandas Habib Hasan.

Karena itu, dia berharap dalam waktu dekat ini akan ada koordinasi yang baik antara Pemkot Surabaya dengan Pemprov Jatim dalam menangani pandemi covid-19. “Ini sedang diupayakan bertemu antara Bu Gubernur dan Bu Wali Kota. Insya Allah akan diundang. Ini karena kasihan sama rakyatnya. Saya ini orang Solo, tapi prihatin saja melihat kondisi di Surabaya. Saya tanya Bu Khofifah. Kata beliau, akan mengundang Bu Risma. Insya Allah, insya Allah,” imbuhnya.