Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Terkena Banjir Rob, Pemkab Tulungagung Berencana Pindahkan Permukiman Warga

Penulis : Joko Pramono - Editor : Dede Nana

28 - May - 2020, 15:08

Placeholder
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo (rompi krem) saat beri bantuan sembako pada warga Pantai Sine yang terkena banjir rob (foto : Joko Pramono for Jatim Times)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung berencana memindahkan permukiman warga yang terdampak banjir rob di wilayah pesisir selatan Tulungagung. Terutama di wilayah pantai Sine, Dusun Sine, Desa Kalibatur, kecamatan Kalidawir.

Di wilayah ini ada sekitar 20 pemukiman warga yang terdampak langsung oleh banjir rob.

Baca Juga : Pemkab Tulungagung Resmi Tutup Sementara Pelayanan Dispendukcapil

"Kita (berencana) akan memindahkan mereka," ujar Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Kamis (28/5/2030).

Pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 6 ribu meter persegi untuk permukiman baru warga yang terkena banjir rob tersebut.

Permukiman warga saat ini diakui oleh Maryoto memang berada di zona pasang air laut, sehingga ketika air pasang akan tergenang air laut.

Seperti saat ini saat air pasang mencapai setinggi 50 centimeter (cm), air laut memasuki pemukiman sejauh 100 meter (m) lebih dari bibir pantai.

"Kita sudah menyediakan tanah seluas 0,6 hektar (ha) untuk pemukiman baru warga," ujarnya lebih lanjut.

Akibat banjir rob itu, setidaknya 20 rumah semi permanen warga mengalami kerusakan. Meskipun tak terlalu parah, beberapa dinding triplek terbuka akibat terjangan ombak.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Cuma dinding triplek rumah itu terbuka kena hantaman ombak," terangnya.

Maryoto melanjutkan, air laut mulai masuk permukiman sejak Rabu (27/5/2020) kemarin. Air laut masuk hingga sekitar 100 m ke pemukiman warga dengan ketinggian mencapai setengah meter.

Baca Juga : Bupati Telah Kirimkan Nama Pj Sekda, Tunggu Keputusan Gubernur Jatim

Nelayan yang tinggal di sekitar pantai Sine harus berhenti melaut sembari menunggu air pasang kembali normal. Untuk itu pihaknya sudah memberikan bantuan sembako untuk nelayan Sine yang terdampak banjir rob.

"Kita berikan bantuan sembako bagi nelayan yang tidak bisa melaut," tuturnya.

Seperti diketahui, banjir rob yang terjadi di Tulungagung merupakan siklus tahunan. Banjir rob ini dipengaruhi oleh kondisi lempengan bumi di perairan laut Australia.

Di Tulungagung, ada 6 pantai yang terdampak banjir rob, seperti pantai Klathak, Pantai Bayem, Pantai Gemah, Pantai Sidem, Pantai Popoh dan Pantai Sine.

 


Topik

Pemerintahan tulungagung berita-tulungagung berita-hari-ini Banjir-Rob Pemkab-Tulungagung Pindahkan-Permukiman-Warga Bupati-Tulungagung Maryoto-Birowo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Dede Nana