Peta penyebaran Covid-19 di kota Batu.(Foto: Screenshot info Covid Jawa Timur)
Peta penyebaran Covid-19 di kota Batu.(Foto: Screenshot info Covid Jawa Timur)

Satu lagi pedagang di Kota Batu terdeteksi positif Covid 19. Terbaru, pasien konfirm positif Covid-19 di Kota Batu merupakan pasien ke-11. Pasien baru itu selai pedagang juga petani yang sering mengirimkan sayur ke pasar Karangploso, Jumat (22/5/2020). Dengan penambahan tersebut, saat ini di Kota Batu tercatat ada 11 pasien positif Covid 11. 

Pasien konfirm 11 pria 57 tahun, merupakan warga Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. “Sebelumnya pasien tersebut sebagai pasien dalam pengawasan (PDP),” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Kombinasi Dua Obat Herbal Ini Jadi Duo Ampuh Tangani Covid

Ia menambahkan saat statusnya PDP dengan diagnosa pneumonia berat dan punya penyakit penyerta pneumonia. Sudah dilakukan rapid test hasilnya reaktif baik lg H dan lg M. 

“Lalu dilanjutkan swab test dan hasilnya baru keluar dinyatakan positif. Yang bersangkutan punya riwayat perjalanan ke Karangploso kirim sayur ke Pasar Karangploso,” imbuhnya.

Pasien saat ini sedang menjalani masa perawatan di RS Karsa Husada, masuk rumah sakit pada 21 April 2020 dengan keluhan batuk, demam, sesak nafas dan nyeri sendi. Saat itu juga langsung di rongent dan ada gambaran pneumonia berat. 

“Selanjutnya dilakukan swab pertama 22 April 2020 dan Swab kedua tanggal 23 April 2020,” jelas pria yang juga Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah

Sebelumnya selama tiga hari berturut-turut pasien konfirm positif Covid-19 terus mengalami penambahan. Hingga saat ini tembus 11 pasien konfirm positif Covid-19 itu rinciannya, 8 orang menjalani perawatan di RS Karsa Husada. 

Baca Juga : Penjual Kelapa di Pasar Besar Kota Batu Positif Covid 19

“Ada dua orang memang yang satu pedagang di Pasar Besar Kota Batu, dan satu orang tukang ojek di Pasar Besar Kota Batu,” jelas Chori. 

Sedangkan untuk dua orang diantaranya warga Desa Pesanggaran Kecamatan Batu dan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji sudah sembuh. Dan satu orang meninghal dunia warga Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.