Antusiasme warga saat mengambil kebutuhan di Pasar Sedekah Kampung Sanan, Kota Malang, Jumat (22/5). (Foto: Humas Pemkot Malang).
Antusiasme warga saat mengambil kebutuhan di Pasar Sedekah Kampung Sanan, Kota Malang, Jumat (22/5). (Foto: Humas Pemkot Malang).

Masa pandemi Covid-19 turut berdampak pada perekonomian sosial di masyarakat.

Tak ayal, bagi sebagian pihak merasa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhannya akibat pandemi. Hal ini rupanya menginisiasi warga Kelurahan Sanan Kota Malang untuk bahu-membahu dalam memberikan bantuan kepada sesama.

Bertajuk 'Pasar Sedekah', warga yang merupakan kumpulan ibu-ibu PKK dan Alumni SMK Negeri 1 Malang angkatan 1982 Kelurahan Sanan, Kota Malang ini berinisiatif mengumpulkan sembako untuk dibagikan secara gratis pada warga yang membutuhkan.

Program tersebut, bahkan secara langsung diresmikan oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko di kawasan Kampung Sanan, Jumat (22/5/2020).

Kebutuhan-kebutuhan pokok, seperti bahan makanan, sayuran dan sembako lainnya bebas dipilih secukupnya oleh warga secara gratis. Pengadaan Bazar Sedeqah ini bakal berlangsung hingga besok (Sabtu, 23/5/2020).

Bung Edi (sapaan akrab Wakil Wali Kota Malang) menyampaikan apresiasinya atas inisiatif warga di Kelurahan Sanan yang turut andil dalam kepedulian membantu sesama. 



"Hal ini patut kita apresiasi, karena lingkungan sekitar atau tetangga menjadi sektor pertama yang harus turun langsung membantu kesulitan warga lainnya," ujarnya.

Kegiatan tersebut, dikatakannya menjadi penguat dari berdirinya Kampung Tangguh. Yang mana, kemandirian warga dalam mengatasi masalah di tengah pandemi Covid-19 dalam hal ini kebutuhan pangan menjadi indikator penting yang diutamakan.

"Mari secara bersama-sama kita wujudkan kampung tangguh di wilayah Sanan. Baik pemuda, bapak-bapak, tokoh agama serta ibu-ibu nya bersatu padu untuk menyukseskan terwujudnya hal tersebut," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengingatkan kepada warga di wilayah tersebut untuk membiasakan diri hidup pada tatanan baru. Apalagi di masa pandemi Covid-19, yakni dengan selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

"Kita harus kembali aktif pada aktivitas keseharian, tapi tetap menjaga diri kita dan keluarga. Caranya tentu dengan tetap melakukan physical distancing, menggunakan masker dan sering cuci tangan pake sabun atau hand sanitizer, yang tak kalah pentingnya lagi adalah menjaga imunitas tubuh kita," tandasnya.