Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Seorang tenaga kesehatan (nakes) asal Jogjakarta dilaporkan terpapar virus corona (covid-19). Dia seorang perempuan berusia 31 tahun yang diketahui kos di Kelurahan Kauman, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. dan bekerja di dua rumah sakt swasta di Kabupaten Blitar.

Dikatakan Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Blitar Didik Djumianto, sebelumnya pasien telah melakukan swab tes mandiri. Hasil swab keluar pada 20 mei 2020 dengan menunjukkan hasil positif.

Baca Juga : Pasien ke-10 Konfirm Covid-19 Kota Batu Pengepul Sayur Antar Kota

“Yang bersangkutan merupakan paramedik. Dia tes swab atas inisiatif sendiri pada 15 Mei kemarin. Dan hasilnya menyatakan positif,” terang Didik, Jumat (22/5/2020).

Didik menambahkan, pasien masuk dalam golongan orang tanpa gejala (OTG). Setelah hasil swab-nya keluar, dia langsung melakukan isolasi mandiri di rumah sakit tempat dia bekerja. Gerak cepat dilakukan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Blitar dengan melakukan tracing untuk menelurusi dengan siapa saja pasien berinteraksi.

"Tracing sudah kami lakukan. Ada beberapa yang kontak erat dengan pasien baik di tempat kos maupun di rumah sakit. Kami telah berkoordinasi dengan rumah sakit tempat pasien bekerja,” ungkapnya.

Meski telah melakukan tracing, hingga saat ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Blitar belum menyampaikan keterangan resmi dari mana pasien tertular covid-19. Apakah tertular dari pasien atau memiliki riwayat baru kembali dari Jogjakarta.