Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Terkait Salat Ied, Pemkab Malang Tunggu Instruksi MUI

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - May - 2020, 17:00

Placeholder
Ilustrasi para jamaah saat melangsungkan salat ied di Kabupaten Malang (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kabupaten Malang sepertinya masih belum yakin apakah salat ied berjamaah bisa diselenggarakan. Pasalnya, hingga hari ini (Selasa 19/5/2020), Bupati Malang, HM Sanusi masih menunggu instruksi dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait kebijakan salat ied berjamaah tersebut.

”Bagi daerah yang tidak rawan untuk terjangkit covid-19 itu diperbolehkan (menggelar salat ied berjamaah). Tapi bagi yang daerah rawan pandemi, itu tidak diperbolehkan,” ucap Bupati Malang saat ditemui media online ini, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga : Ketua DMI Kota Kediri Imbau Masyarakat Untuk Salat Idul Fitri di Rumah

Apakah Kabupaten Malang bisa menyelenggarakan salat ied berjamaah?, Sanusi masih enggan untuk menjelaskan secara gamblang. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan MUI, terkait penyelenggaraan salat ied tersebut.

”Nanti kita diskusikan dulu, tapi MUI sudah menyampaikan bahwa di Kabupaten Malang boleh (melangsungkan salat ied berjamaah),” klaim orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Malang ini.

Menurut Sanusi, meski sampai hari ini (Selasa 19/5/2020) MUI dikabarkan memberikan izin untuk menerapkan salat ied di Kabupaten Malang, namun kebijakan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Diterangkan Bupati Malang, Salah satu penyebab dilarangnya salat ied berjamaah adalah, bertambahnya jumlah kasus covid-19 selama penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

”Bagi yang daerah rawan pandemi, itu tidak diperbolehkan salat ied berjamaah. Jadi diminta salat ied di rumah maisng-masing,” terang Bupati Malang.

Baca Juga : Jumat Kemenag Gelar Sidang Isbat, NU-Muhammadiyah Sepakat Samakan Hari Lebaran 2020?

Meski sejauh ini MUI mengisyaratkan jika Kabupaten Malang diperkenankan melangsungkan salat ied berjamaah, namun Sanusi tetap mengimbau kepada warganya agar tetap menerapkan protokol kesehatan.


Topik

Agama malang berita-malang berita-malang-hari-ini Pemerintah-Kabupaten-Malang salat-ied-berjamaah Bupati-Malang HM-Sanusi Majelis-Ulama-Indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni